06 May 2020

ALLAH MEMBERIKAN COBAAN SESUAI DENGAN KEMAMPUAN MANUSIA




لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفۡسًا إِلَّا وُسۡعَهَاۚ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَيۡهَا مَا ٱكۡتَسَبَتۡۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَآ إِن نَّسِينَآ أَوۡ أَخۡطَأۡنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَآ إِصۡرٗا كَمَا حَمَلۡتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦۖ وَٱعۡفُ عَنَّا وَٱغۡفِرۡ لَنَا وَٱرۡحَمۡنَآۚ أَنتَ مَوۡلَىٰنَا فَٱنصُرۡنَا عَلَى ٱلۡقَوۡمِ ٱلۡكَٰفِرِينَ ٢٨٦ Artinya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah.
Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir"
 Allah tidak akan membebani manusia kecuali sesuai dengan kemampuan yang ada pada mansuia. Manusia tidak akan mendapatkan cobaan melebihi kemampuan yang dimilikinya. Jika halnya demikian, maka manusia perlu melakukan segala daya upaya untuk keluar dari cobaan yang diberikan dengan segenap daya upaya, dan pada akhirnya semua kegiatan dan usahanya dikembalikan kepada Allah.
 Manusia akan mendapatkan pahala atas usahanya sendiri, dan ia tidak akan mendapatkan pahala dari orang lain, akan tetapi akan mendapatkan pahala dari usahanya sendiri. Sebaliknya ia akan mendapatkan hukuman dan siksaan atas kejahatan yang ia usahakannya.

No comments: