03 May 2020

KEHIDUPAN DUNIA AKHERAT


كُلُّ نَفۡسٖ ذَآئِقَةُ ٱلۡمَوۡتِۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوۡنَ أُجُورَكُمۡ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِۖ فَمَن زُحۡزِحَ عَنِ ٱلنَّارِ وَأُدۡخِلَ ٱلۡجَنَّةَ فَقَدۡ فَازَۗ وَمَا ٱلۡحَيَوٰةُ ٱلدُّنۡيَآ إِلَّا مَتَٰعُ ٱلۡغُرُورِ ٨٥



Artinya: Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.(QS. Ali Imran:185)


Setiap orang akan mengalami kematian, kecil besar sakit sehat, kaya miskin,  ganteng , jelek, cantik jelek, pns, maupun swasta, berpangkat tak berpangkat, semua akan merasakan kematian. Dan pada hari kiamat  pahalu akan disempurnakan, pahalamu akan dipetik, amal mu akan dihitung. Pad saat itu, ada yang dimasukkan ke dalam surga, ada juga yang dimasukkan ke dalam neraka. Ketika seseorang dimasukkan ke dalam neraka, mekera itulah orang yang merugi, sedangkan orang yang dimasukkan ke dalam surga itulah orang yang beruntung.

Banyak orang terperdaya dunia, mereka menganggap duni adalah akhir dari kehidupan, akhir dari kebahagiaan. Padahal dunia hanay tempat persinggahan, dunai hanya tempat menanam, dan dunia hanya tempat bercocok tanam kebaikan.
Dunia adalah kesenanganmu, dunia ahany tempat  yang memperdaya danmenipu manusia.

بَلۡ تُؤۡثِرُونَ ٱلۡحَيَوٰةَ ٱلدُّنۡيَا ١٦  وَٱلۡأٓخِرَةُ خَيۡرٞ وَأَبۡقَىٰٓ ١٧
Artinya:  Tetapi kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi. Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal(QS. Al A’la:16-17)

Orang mukmin, orang beriman memilih akherat dibanding dunia, mereka menggunakan dunia hanya sekedarnya saja. Menjadikan dunia hanya sebagai alat untuk mencapai akherat. Karena orang beriman menyadari bahwa kehidupan dunia sementara, sedangkan kehidupan  akherat lebih baik dan lebih kekal.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مَا لَكُمۡ إِذَا قِيلَ لَكُمُ ٱنفِرُواْ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ ٱثَّاقَلۡتُمۡ إِلَى ٱلۡأَرۡضِۚ أَرَضِيتُم بِٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَا مِنَ ٱلۡأٓخِرَةِۚ فَمَا مَتَٰعُ ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَا فِي ٱلۡأٓخِرَةِ إِلَّا قَلِيلٌ ٣٨

Artinya:  Hai orang-orang yang beriman, apakah sebabnya bila dikatakan kepadamu: "Berangkatlah (untuk berperang) pada jalan Allah" kamu merasa berat dan ingin tinggal di tempatmu? Apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) diakhirat hanyalah sedikit.(QS. At Taubah: 38)

Orang muslim, orang beriman dimotivasi akankaha menukar kehidupan akherat yang kekal dengan kehidupan dunia yang semu dan tak abadi? Tentu saja orang beriman akan memilih akherat dibandingkan dunia.  Kenikmatan dunia dengan kenikmatan yang ada di surga  sangat sedikit.

No comments: