11 May 2020

ALLAH AKAN MENINGGIKAN ORANG BERIMAN DAN BERILMU




يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا قِيلَ لَكُمۡ تَفَسَّحُواْ فِي ٱلۡمَجَٰلِسِ فَٱفۡسَحُواْ يَفۡسَحِ ٱللَّهُ لَكُمۡۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُواْ فَٱنشُزُواْ يَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَٰتٖۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعۡمَلُونَ خَبِيرٞ ١١

Artinya:  Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. ( Qs. Al Mujadalah: 11)

Dalam ayat tersebut dinyatakan , kita disuruh untuk berlapang lapang dalam majlis. Jika kita memberi kelapangan kepada seseorang, pada orang maka kita juga akan mendapatkan kelapangan. Sebaliknya jika kita mempersempit seseorang, maka kita juga akan dipersempit oleh Allah Swt.

Dalam ayat tersebut, mujadalah ayat 11, Allah akan meninggikan orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat. Jika kita tidak beriman dan berilmu maka kita tidak kan mendapatkan apa yang dijanjika Allah kepada kita.

 Perumpamaan perumpamaan yang diberikan Allah hanya akan dipahami oleh orang yang berilmu saja, kalau tidak berilmu dipastikan tidak akan paham.

وَتِلۡكَ ٱلۡأَمۡثَٰلُ نَضۡرِبُهَا لِلنَّاسِۖ وَمَا يَعۡقِلُهَآ إِلَّا ٱلۡعَٰلِمُونَ ٤٣

Artinya: Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu. QS Al Ankabut: 43)

 

Orang berilmu dan tidak berilmu jelas bedanya, orang yang tahu dan tidak tahu jelas bedanya, kualitasnya beda.

أَمَّنۡ هُوَ قَٰنِتٌ ءَانَآءَ ٱلَّيۡلِ سَاجِدٗا وَقَآئِمٗا يَحۡذَرُ ٱلۡأٓخِرَةَ وَيَرۡجُواْ رَحۡمَةَ رَبِّهِۦۗ قُلۡ هَلۡ يَسۡتَوِي ٱلَّذِينَ يَعۡلَمُونَ وَٱلَّذِينَ لَا يَعۡلَمُونَۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُوْلُواْ ٱلۡأَلۡبَٰبِ ٩

Artinya:  (Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. QS. Az-Zumar: 9)

 Dalam ayat ini dipertegas bahwa hanya orang orang yang berakal yang akan dapat pelajaran . peljaran dari smeu hal yang terjadi di alam ini, dari berbagai perumpamaan perumpamaan yang diberikan Allah kepada manusia di dunia ini.

No comments: