01 May 2020

HADIS TENTANG 8 PENYAKIT JIWA



عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَبِي طَلْحَةَ الْتَمِسْ غُلَامًا مِنْ غِلْمَانِكُمْ يَخْدُمُنِي فَخَرَجَ بِي أَبُو طَلْحَةَ يُرْدِفُنِي وَرَاءَهُ فَكُنْتُ أَخْدُمُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلَّمَا نَزَلَ فَكُنْتُ أَسْمَعُهُ يُكْثِرُ أَنْ يَقُولَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ (رواه البخارى)

Artinya: “Dari Anas bin Malik bahwa Nabi Saw bersabda kepada Abu Talhah: Carilah seorang anak kecil dari milikmu untuk melayaniku (selama kepergianku ke Khaibar). Abu Talhah keluar bersamaku dengan memboncengku. Saat itu aku adalah seorang anak kecil yang hampir baligh. Aku melayani Rasulullah SAW saat beliau singgah dan aku selalu mendengar Nabi banyak berdoa: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu  dari  sifat  (jiwa)  gelisah, sedih, lemah, malas, kikir, pengecut, terlilit hutang, dan dikuasai manusia (HR al-Bukhari).


dari hadis tersebut paling tidak ada delapan penyakit jiwa yaitu pertama, gelisah, sedih, lemah, malas, kikir, pengecut terlilit hutang, dan dikuasai manusia/dijajah.
manusia yang trus gelisah akan merusak hati dan jiwanya. akanmerusak kehidupannya, akibat selalu gelisah gairah  hidupnya jadi lemah. pada akhirnya akan menimbulkan berbagai penyakit. 
sedih yang berkepanjangan juga akan mengakibatkan kurangnya semangat hidup, selalu bersedih akan menghialngkan kegembiraan batin, dan kegembiraan menikmati kehidupan.
lemah pribadi juga berakibat negatif bagii perkembangan kejiwaan,kesehatan dan fisik, termasuk di sini adalah lemah iman, ekonomi, dan lemah ilmunya, lemah kesadarannya dalam beragama.
malas akan mengakibatkan manusia tidak  berusaha untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, malas belajar, malas bekerja, dan pada akhirnya hidupnya makin sengsara dan miskin.
kikir, orang kikir biasanya enggan berinfak, sedekah, membantu orang lain yang membutuhkan, bahkan orang yang kikir biasanya juga kikir untuk dirinya sendiri, sehingga ia tidak menikmati hartanya sendiri.
pengecut, manusia pengecut yang telah hilang keberaniannya,padahal Islam mengajarkan kita untuk menjadi manusia pemberani, berani karena benar, berani karena Allah.
banyak hutang akan membuat seseorang hidup dalah kegelisahan, dan ketidakbahagiaan, bahagianya semu, bahagianya diujung tanduk, setiap hari tidak mendapatkan ketenangan.
dikuasai manusia, kita harus menjadi manusia merdeka, manusia yang tidak dikuasai oleh orang lain. Islam mengajarkan kita untuk menjadi manusia merdeka. manusia yang tidak dikendalikan orang lain, manusia yang mampu menentukan  nasibnya sendiri,bukan bergantung kepada orang lain, bergantunglah hanya kepada Allah.

No comments: