30 April 2020

Manusia Sebagai Khalifah di Bumi


وَإِذۡ قَالَ رَبُّكَ لِلۡمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّي جَاعِلٞ فِي ٱلۡأَرۡضِ خَلِيفَةٗۖ قَالُوٓاْ أَتَجۡعَلُ فِيهَا مَن يُفۡسِدُ فِيهَا
وَيَسۡفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحۡنُ نُسَبِّحُ بِحَمۡدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَۖ قَالَ إِنِّيٓ أَعۡلَمُ مَا لَا تَعۡلَمُونَ ٣٠ وَعَلَّمَ ءَادَمَ ٱلۡأَسۡمَآءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمۡ عَلَى ٱلۡمَلَٰٓئِكَةِ فَقَالَ أَنۢبِ‍ُٔونِي بِأَسۡمَآءِ هَٰٓؤُلَآءِ إِن كُنتُمۡ صَٰدِقِينَ ٣١ قَالُواْ سُبۡحَٰنَكَ لَا عِلۡمَ لَنَآ إِلَّا مَا عَلَّمۡتَنَآۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلۡعَلِيمُ ٱلۡحَكِيمُ ٣٢
Artinya:
30. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"

31. Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!
32. Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana"(QS. Al Baqarah: 30-32)
 Allah menjadi manusia sebagai khalifah di muka bumi untuk mengatur dan memakmurkan bumi ini. Meskiupun mendapat protes dari Malaikta, akan tetapi Allh tetap akan menciptkan khalifah di muka bumi, khalifah tersebut adalah manusia. Ya manusia adalah khalifah di muka bumi ini, yang akan mengatur segala urusan dunia. Urusan dunia yang tidak dapat dilakukan oleh malaikat.
 Di sisi lain, manusia akan membuat kerusakan di muka bumi, akan tetapi hal itu akan menjadi ujian iman bagi para khalifah untuk dapat menjaga alam ini dari kerusakan dan kehancuran akibat ulah mereka sendiri.
 Khalifah pertama di muka bumi adalah Adam, Adam menjadi manusia pertama yang menjadi khalifah di bumi,  Adam adalah manusia pertama, bukan monyet. Nenek moyang  manusia adalah Adam , inilah yang membedakan antara keyakinan orang orang Barat, yang percaya bahwa nenek moyang manusia adalah dari monyet yag berdiri tegak. Sedangkan kepercayaan islam, nenenk moyang manusia adalah Adam.

No comments: