06 May 2020

KEWAJIBAN BERPUASA








يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ ١٨٣ أَيَّامٗا مَّعۡدُودَٰتٖۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٖ فَعِدَّةٞ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَۚ وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدۡيَةٞ طَعَامُ مِسۡكِينٖۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيۡرٗا فَهُوَ خَيۡرٞ لَّهُۥۚ وَأَن تَصُومُواْ خَيۡرٞ لَّكُمۡ إِن كُنتُمۡ تَعۡلَمُونَ ١٨٤
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa
184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. QS. Albaqarah: 183-184)


 Allah Swt mewajibakn berpuasa bagi orang orang yang beriman. Sebagaimana telah diwajibkan kepada umat umat sebelumnya. Puasa Ramadhan diwajibkan bagi setiap orang yang beriman, yang syarat wajib puasa adalah sebagai berikut:
1. Islam
Syarat wajib puasa yang pertama dan paling utama adalah beragama Islam. Orang yang menjalankan ibadah puasa dalam Islam harus beragama Islam atau seorang muslim dan muslimah. Selain itu, puasa juga masuk dalam rukun Islam yang ke empat.
2. Baligh
Baligh adalah suatu tanda atau batasan seorang muslim dan muslimah yang sudah dewasa dan mampu membedakan yang benar dan yang salah. Tanda baligh untuk laki-laki dan perempuan berbeda. Untuk laki-laki, baligh ditandai dengan keluarnya air mani dari kemaluan baik dalam keadaan tidur atau saat terjaga. Kamudian untuk perempuan adalah ketika ia sudah haid atau menstruasi.
Jika kedua tanda di atas tidak muncul, maka batas umur seseorang dinyatakan baligh dalam Islam adalah ketika umurnya sudah 15 tahun.
3. Berakal Sehat
Syarat wajib puasa berikutnya adalah berakal sehat, atau tidak mengalami gangguan jiwa. Orang yang tidak berakal sehat atau mengalami gangguan jiwa, tidak diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Hal ini disebabkan karena orang dengan gangguan jiwa atau tidak berakal sehat tidak bisa membedakan yang benar atau yang salah. Selain itu, tidak berakal sehat karena mabuk juga tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Namun ia harus menjalankan ibadah puasa setelah ia sembuh atau tidak mabuk lagi di hari berikutnya.
4. Sehat
Syarat wajib puasa berikutnya adalah sehat. Jika kamu akan menjalankan ibadah puasa, kamu harus sehat atau tidak sedang dalam keadaan sakit. Jika kamu sedang sakit, dikhawatirkan jika kamu menjalankan ibadah puasa, maka sakit yang diderita akan semakin parah. Kemudian jika kamu tidak bisa menjalankan ibadah puasa karena sakit, maka kamu harus mengganti puasa tersebut. Bisa menggantinya dilain waktu, atau mengganti puasa dengan membayar denda atau fidyah.
5. Mengetahui Bulan Ramadan
Syarat wajib puasa berikut berlaku untuk ibadah puasa yang dilakukan saat bulan Ramadan. Jika kamu sudah melihat hilal, maka kamu diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa

No comments: