07 May 2020

PEMBERIAN UTAMA KEPADA ANAK ADALAH PENDIDIKAN YANG BAIK

ما نحل والد ولده أفضل من أدب حسن

“Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.” (HR. Al Hakim: 7679).




Ternyata pemberian yang baik itu bukan harta, akan tetapi pendidikan. Pendidikan yang baik akan emnajdikan anak kita menjadi lebih baik, pendidikan yang akan menjadikan anak anak kita mempunyai akhlak yang baik, mempunyai rasa cinta terhadap Tuhannya.

 Pendidikanlah yang akan menjadikan anak kita anak anak yang soleh, bukankah anak yang soleh akan bermanfaat bagi orang tuanya?  Anak yang soleh ayng mendoakan orang tuanya yang akan dapat menolong orang tuanya di alam kubur dan alam kaherat nanti. Anak soleh yang mendoakan orang tuanya, menjadi amal jariayh bagi orang tuanya.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Apabila seorang telah meninggal dunia, maka seluruh amalnya terputus kecuali tiga, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendo’akannya.” (HR. Muslim: 1631).



Dalam al Quran kita disuruh untuk menjaga keluarga dan anak anak kita dari api neraka. Menjaga agar terhindar darai kesengsaraan dunia dan kesengsaraan akherat.

No comments: