17 December 2019

Pendidikan Untuk Indonesia lebih Baik

Pendidikan di Indonesia selalu mengalami perubahan, ya seharsunya pendidikan harsu terus berubah mengikuti perkembangan dan kebutuhan jaman. akan tetapi yang tidak boleh berubah adalah pendidikan yang membentuk karakter bangsa yang beradab. pendidikan seharsunya menitikbertkan kepada pembentukan kahlak mulia, sebagaimanan tujuan pendidikan itu sendiri. kita sadar bahwa selama ini pendidikan hanya berfokus kepada pikir, dan meninggalkan olah rasa dan kepribadian.
Sehingga yang terjadi adalah pendidikan hanya memebntuk manusia yang pintar tetapi tidak mempunyai karakter yang baik, tidak punya jati diri Indonesia yang kuat. dan yang terjadi akhirnya adalah menjadikan generasi Indonesia yang pintyar akan tetapi minim karakter.

Indonesi butuh pendidikan yang mencerdaskan sekaligus mendidik generasi yang punya nyali berbuat baik, berakhlak baik dan punya karakter Indonesia yang jelas.
kita sebagai bangs tentu tidak ingin hanya sibuk masalah keilmuan yang pada dasarnya tidak terkait .angsung dengan pembentukan karakyer dan ketrampilan, maka sudahsaatnya pendidikan Indonesia mengarah  keckapan hidup dan penguatan karakter yang jelas. untuk itu pendidikan di Indonesia hanya perlu pendidikan pembentukan karakter Indonesia yang ketrampilan, untuk pendidikan seharsunya mengarahkan anak anak Indonesia sesuai kemampuan dan bakatnya. sebagai contoh:

  1. kalau darai kecil anak sudah hebat dan diketahuai punya bakat musik, maka diharsu diarahkan kepada jalur sekolah musik. taidak perlu lagi belajar  tentang ilmu pengetahuan alam, dia hanya perlu belajar bahas, cipta musik dan penguatan karakter.
  2. kalau anak hebat matematika, atau sidah diketahuai hebat bidang matematika, maka saatnya mereka dimasukkan sekolah khsusus matematika dan pemgembangan karekter bangsa.

hal diatas adalah contoh bahwa pendidikan tidak seharusnya mempelajari semuanya. akan tetapi cukp pada apa yang dimaui oleh anak, cukup bakatnya saja aya g diasah, untuk kemampuan lainnya, anak tersebut akan mencari sendiri apa yang akan dikembangkannya kelak dikemudian hari. dengan demikain anak anak Indonesia  akan hebat sesuai bakatnya, akan hebat dan berkualitas sesuai dengan bakat yang dimiliki dan enjoy dengan pembelajaran yang dilakukan dan dan diikuitinya. tidak lagi dibebani oleh  pembelajaran lain yang ia tidak suka dan tidak mendukung bakatnya.
maka dari itu perlu kiranya pendidikan di Indonesia mengarah ke san, yaitu mendidik dan mebelajarkan peserat didik sesuai bakat kemudian kemampuan berbahasa dan penguatan pendidikan karakter. maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan di Indonesia perlu di sederhanakan.

  1. Pendidikan di Sekolah Dasar/MI cukup pelajaran bahasa kemunikatif, baik bahasa Indonesia maupun bahasa asing terutama bahasa Inggris.membaca menulis dan berhitung, pendidikan  sejarah yang bukan mengingat tahun dan tanggal akan tetapi lebih kepada menceritakan sejarah itu untuk dapat diambil pelajaran bukan menghafal tahun dan tanggal kejadian, sehingga pendidikan sejarah mampu membrikan pembelajaran sejarah.
  2. Tingkat  SMP/ MTS pendidikan sudah mulai diarahkan  bakat anak,pendidikan bahas bukan dalam bentuk mengetahui struktur, akan  tetapi dalam bentuk pembelajaran aplikatif, percakapan, pendidikan karakter/ penguatan karakter dan keahlian seusia dengan bakat dan minat peserta didik.
  3. Tingkat SMA/ MA peserta didik diarahkan untuk  mendalam bakatnya yang telah di pelajari dan diikuti waktu SMP/MTS, dan pembelajaran hanya berupa pendidikan  pendalaman bakat minat dan ketrampilan, bahasa dalam praktek peercakapan dan penguatan karakter.
  4. Tingkat perguruan Tinggi(PT), pesertas didik hanya akan belajar mendalami bakat dan minat yang telah mereka terima waktu SMA/SMK/ jadi di perguruan tinggi /universitas mahasiswa tidak lagi belajar banyak, akan  tetapi mereka kan  mendapatkan perkuliahan yang sesuai dengan jurusan. bakatnya, sehingga  pembelajaran dan perkuliahan  lebih terfokus dan mendalam.

No comments: