27 December 2019

Dua Amal yang akan mengubah Takdir


Ada dua hal yang dapat mengubah takdir Tuhan,
yaitu doa dan amal kebajikan(mazhab Asyari)



Allah tidak akan mengubah nasib seseorang ketika ia tidak berusaha mengubah nasibnya sendiri. Nasib yang ia alami dan  rasakan tak akan pernah pergi dari didirnya ketika ia tidak pernah mencoba dan mencoba untuk mengubahnya. Hal ini diinformasikan Allah Swt dalam al Quran sebagai berikut ini.


لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٞ مِّنۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهِۦ يَحۡفَظُونَهُۥ مِنۡ أَمۡرِ ٱللَّهِۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنفُسِهِمۡۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوۡمٖ سُوٓءٗا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ ١١
Artinya:  Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(QS. Aradu: 11)

Apapun yang dikerjakan manusia akan ada malaikat yang akan selalu mengawasinya, maka tidaklah benar bahwa manusia dalam kesendirian dalam berbuat sesuatu tanpa ada yang mengawasinya. Para Malaikat tersebut menjaga manusia atas perintah Allah Swt.
 Amal kebaikan  yan dilakukan manusia akan menjadi perbuatan baik baginya di dunia dan akherat.  Amal tersebut yang akan menemaninay di akherat nanti.hal ini dinyatakan oleh Allah dalam surat At Tin, bahwa amal  kebaikan yang kita lakukan akan menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir meskipun kita telah meninggalkan dunia ini.( Qs. At Tin :1-8)
بِّسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيۡتُونِ ١  وَطُورِ سِينِينَ ٢  وَهَٰذَا ٱلۡبَلَدِ ٱلۡأَمِينِ ٣  لَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَٰنَ فِيٓ أَحۡسَنِ تَقۡوِيمٖ ٤ ثُمَّ رَدَدۡنَٰهُ أَسۡفَلَ سَٰفِلِينَ ٥  إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَلَهُمۡ أَجۡرٌ غَيۡرُ مَمۡنُونٖ ٦ فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعۡدُ بِٱلدِّينِ ٧  أَلَيۡسَ ٱللَّهُ بِأَحۡكَمِ ٱلۡحَٰكِمِينَ ٨
1. Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun
2. dan demi bukit Sinai
3. dan demi kota (Mekah) ini yang aman
4. sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya
5. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka)
6. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya
7. Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu
8. Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya


No comments: