1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak
terhadap tentara bergajah?
2. Bukankah Dia telah
menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia?
3. dan Dia mengirimkan
kapada mereka burung yang berbondong-bondong,
4. yang melempari mereka
dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,
5. lalu Dia menjadikan
mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).
Dalam dunia pendidikan
ada yang namanya sugesti, nmotivasi, explorasi, elaborasidan konfirmasi. Nah dalam
surat al fiil Allah hendak memberikan gambaran kepada para pendidik untuk
memulai pembelajaran kepada peserta didik dengan kata-kata motivasi, dengan
pertanyaan yang menimbulkan reaksi peserta didik untuk mencari jawaban,
mengeksplorasi materi yang akan dipelajari, kemudian mengelaborasi dan pada
khirnya akan mengarah kepada konfirmasi yang dilakukan oleh pendidik. Pertanyaan
Allah kepada manusia akan kejadian penyerangan yang dilakukan oleh pasukan
gajah.[ Yang
dimaksud dengan tentara bergajah ialah tentara yang dipimpin oleh Abrahah
Gubernur Yaman yang hendak menghancurkan Ka'bah. sebelum masuk ke kota Mekah
tentara tersebut diserang burung-burung yang melemparinya dengan batu-batu
kecil sehingga mereka musnah.]
Dari ayat tersebut juga mengindikasikan
bhaw dalam pendidikan Islam perlu juga dibahas, perlu juga ada kurikulum yang mengarahkan peserta didik paham akan
kejadian masa lalu, paham akan sejarah masa lalu. Nah kalau dalam hal ini
sebagai contoh adalah peristiwa penyerangan yang dilakukan oleh pasukan gajah
yang hendak menghancurkan Kabah. Dengan segala tipu daya yang ada, berbagaia
macam cara dilakukan, akan tetapi pada akhirnya tipu daya manusia tidak akan
mampu melawan kehendak Allah.
Kemudian dalam ayat tersebut juga di
ilustrasikan bagaimana Allah begitu mudah mengancurkan pasukan gajah tersebut. Halini
tentunya member kesan dan inspiraasi kepada para pendidik untuk melakukan
eksplorasi lebih mendalam apa sebenarnya makna daun yang berlobang seperti
dimakan ulat? Atau kenapa harus ulat sebagai perumpamaan.
No comments:
Post a Comment