BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

11 February 2012

tafsir surat AlFalaq 1-5


قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (١)مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (٢)وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (٣)وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (٤)وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (٥)
1. Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh,
2. dari kejahatan makhluk-Nya,
3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,
4. dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul
5. dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki."
Peserta didik yang baik adalah selalu meminta perlindungan kepada Allah kapanpun. Perlindungan peserta didik bukanlah kepada pendidik, akan tetapi kepada Allah sebagai Tuhan semesta alam. Hal ini perlu dilakukan oleh peserat didik, karean dalam lingkungan peserat didik banyak bahaya dan kejahatan yang tidak semuanya mamu diatasai oleh dirinya.
Dengan menyadari akan bahaya yang mengancam,bahaya yang kapan saja bisa daatang tanpa disadari, tanap diketahui, maka Allah memberikan jalan dan memberikan petunjuk kepada manusia, kepada peserta didik untuk terus memohon perlindungan kepada Allah semata kapanpun dimanapun.
 Kesadaran untuk terus  selalu memohon perlindungan kepada Allah   merupakan proses darai pendidikan Islam. Pendidikan Islam hendaknya mampu mengajak dan membiasakan kepada peserat didik untuk selalu membiasakan kepada peserta didik untuk selalu meminta perlindungan hanya kepada Allah.
 Memohon perlindungan kepada Allah darai ancaman perempuan yang jahat, perempaun yang menebar fitnah, jampi-jampi, tenun, sihir dan lain sebagainya. Sebagai peserat didik yang lahir darai pendidikan Islam, tentunya akan selalu siap kapan pun dmanapun erhadap serangan manusia-manusia jahat, manusia yang ingin merusaka tatanan kehidupan diri dan masyarakat. Berlindung kepada Allah dari berbagai kejahatan yang mengancam setiap saat,  ancaman penyesatan diri, ancaman dari semua makar darai musuh-musuh Islam. Sebab para pendengki Islam tidak akan peranh puas samapi umat islam benar-benar mengikuti jalan mereka. Untuk itu peserta didik diwajibakan untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah. Di sisi lain, pendididikan Islam hendaknya mampu menghasilakn pribadi-pribadi peserta didik yang mempunyai karakter  kepatuhan dan konsisten kepada Allah.

No comments:

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top