24 May 2013

Tafsir Pendidikan Surat Al-Asr


1. demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
Dalam dunia pendidikan memperhatikan waktu adalah penting, karena dengan menamfaatkan waktu dengan baik akan memberikan hasil yang baik pula. Waktu.
Masa yang tidakdigunakan dengan baik akan cenderung merusak dan mengurangi kualitas sesuatu pekerjaan  maupun sebuah proses. Dalam dunia pendidikan menghargai waktu merupaka hal penting, terutama dalam rangka meningkatkan kualitas institusi pendidikan, meningkatkan kualitas peserta didik dan pendidik itu sendiri.
 Dengan memperhatikan waktu, maka segala yang yang terkait dengan proses pendidikan akan menjadi lebih baik dan lancar. Sebaliknya ketikan dunia pendidikan mengabaikan manajemen waktu, maka dunia pendidikan akan rusak dan hancur.
 Pendidik yang tidak disiplin waktu hanya akan menjadi sosok guru yang tertipu dan rugi selalu. Kerugian ini bias jadi akibat hilangnya kepercayaan peserat didik, kolega dan kepala sekolah sebagai orang yang lebih tinggi selangkah kedudukannya di sekolah. Dengan demikian pendidik yang baik, pendidik yang tidak rugi adalah pendidik yang pandai memanfaatkan waktunya untuk memperbaiki diri, meningkatkan kualitas didi dan keprofesionalannya dalam pengajaran dan pembelajaran, sehingga ketika pendidik telah menghiasi diri dengan semangat untuk terus maju akan membawa pengaruh yang positif terhadap peserta didiknya.
Dalam ayat tersebut  dapat dipahami bahwa pendidik yang tidak rugi adalah pendidik yang bekerja, mengajar dan mendidik dengan kualitas yang terbaik yang ia mampu berikan kepada peserta didiknya., pendidik yang tidak akan rugi adalah pendidik yang selalu membri nase4hat yang baik kepada semua siswanya tanpa memandang status sosialnya.
Pendidik yang baik menurut ayat tersebut adalah pendidik yang selalu dengan sabar ketika mendidik, sabar ketika memberi nasehat, sabar ketika berada dalam posisi harus sabar.
 Dan lebih penting adalah bagaimana seorang pendidik mampu menempa peserta didik menjadi insan-insan yang mempunyai karakter istiqomah dalam menaati kesabaran, kebenaran, kerja yang berkualitas dimanapun dan pada kondisi apapun, dengan tetap saling mengingatkan penuh dengan semangat kesabaran.

No comments: