Menurut Hasyim Asya’ri ada beberapa
hal yang harus dimiliki oleh seorang pendidik islam, bebera hal tersebut adalah
adab atau etika bagi alim / para guru. Paling tidak menurut Hasyim Asy’ari ada
dua puluh etika yang harus dipunyai oleh guru ataupun calon guru.
Pertama, selalu berusah mendekatkan diri kepada Allah dalam keadaan apapun, bagaimanapun dan dimanapun.
Kedua, mempunyai rasa takut kepada Allah,
takut atau khouf dalam keadaan apapun baik dalam gerak, diam, perkataan maupun
dalam perbuatan.
Ketiga, mempunyai sikap tenang dalam
segala hal.
Keempat, berhati-hati atau wara dalam
perkataan,maupun dalam perbuatan.
Kelima, tawadhu, tawadhu adalah dalam
pengertian tidak sombong, dapat juga dikatakan rendah hati.
Keenam, khusyu dalam segala ibadahnya.
Ketujuh, selalu berpedoman kepada hokum Allah
dalam segala hal.
kedelapan, tidak menggunakan ilmunya hanya untuk tujuan
duniawi semata.
kesembilan, tidak rendah diri
dihadapan pemuja dunia.
Kesepuluh, zuhud, dalam segala hal.
Kesebelas, menghindarai pekerjaan yang
menjatuhkan martabatnya.
Kedua belas, menghindari tempat
–tempat yang dapat menimbulkan maksiat.
ketigabelas, selalu menghidupkan syiar islam.
Keempat belas, menegakkan sunnah
Rasul.
Kelimabelas, menjaga hal- hal yang sangat di
anjurkan.
Keenam belas, bergaul dengan sesame manusia
secara ramah,
ketujuhbelas, menyucikan jiwa.
Kedelapan belas selalu berusaha
mempertajam ilmunya.
Delapan belas, terbuka untuk umum, baik
saran maupun kritik.
Sembilan belas,selalu mengambil ilmu
dari orang lain tentang ilmu yang tidak diketahuinya.
Duapuluh, meluangkan waktu untuk
menulis atau mengarang buku.
Dengan memiliki dua puluh etika
tersebut diharapkan para guru menjadi pendidikan yang baik, pendidik yang mampu menjadi teladan anak didik. Di
sisi lain, ketika pendidik mempunyai
etika, maka yang terdidik pun akan menjadi anak didik yang beretika juga,
karena keteladanan mempunyai peran penting dalam mendidik akhlak anak.
Untuk itu perlu kiranya para calon
pendidik maupun yang telh menjadi pendidik untuk memiliki etika tersebut.
No comments:
Post a Comment