07 December 2008

RESEP UTAMA MERAIH KESUKSESAN

Oleh: Riwayat attubani
Belajar cara belajar merupakan tujuan utama. Dalam setiap pembelajaran apapun pelajarannya, paling tidak ada beberapa variable yang sama , yaitu:
1. dajat keberhasilan anda
2. waktu yang anda miliki untuk belajar dan berlatih
3. jumlah waktu yang anda gunakan untuk berlatih atau belajar.
4. tujuan yang melandasi pembelajaran.
Respon terhadapa kegagalan adalah:
Sebagian orang respon verbal terhadap situasi kegagalan akan cendrung sama. Mereka terdiri dari jua kelompok. Kelompok pertama jenis ”OH”. Kelompok kedua lebih serius dan personal” AKU’....
Seperti ”Aku”
Berhenti, menyerah, tidak bisa, tidak mau, tidak peduli, pecundang, seharusnya tidak mencoba ini, tidak punya bakat untuk hal ini, tidak akan pernah berhasil,toh tidak ingin melakukan. Itu di antara ucapan verbal dalam menghadapi kegagalan. Reaksi seperti ini akan merusak mind map, pola mind map dalam otak anda akan eror. Otak bekerja sinegis dan belajar serta tumbuh melalui pengulangan. Dengan pengulangan dimungkinkan akan makin mempertajamdaya ingat, dan reaksi mind map akan makin baik dan tidak terkacaukan. Terkacaukan oleh ungkapan verbal yang negatif terhadap kegagalan-kegagalan kita sendiri. Jauhkan ungkapan negatif dari kehidupan anda.
Rumus sukses TEFCAS
Uraian dari rumus sukses TEFCAS akan di kemukakan di bawah ini:
T untuk Trial atau percobaan
E untuk Event atau peristiwa
F untuk Feedback atau umpan balik
C untuk check atau memeriksa
A untuk Adjust atau menyesuaikan
S untuk success atau sukses
Prinsipkesuksesan adalah titik puncak TEFCAS dan mekanisme fundamental yang berbasis ketahanan hidup dari otak anda untuk membangun pola-pola piker mind map yang sukses ketikaanda maju dan berhasil sepanjang hidup. Gabungan antara mind map dengan prinsip-prinsip model TEFCas adalah sarana luar biasa demi mencapai kesuksesan. Albert Einstein menyatakan” orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” James Joyce menyatakan,” Kesalahan seseorang adalah gerbang menuju penemuannya.”
Prinsip TEFCAS mengasumsikan adanya kualitas mental yang penting. Sehingga status meningkat menjadi prinsip otak, yaitu prinsip ketekunan. Prinsip ketekunan dirancang untuk membantu anda menetapkan pola pikir mind map yang permanen, lebih kuat, dan lebih besar. Ada kata bijak menyatakan “bahwa jika anda tidak pernah menyerah , anda adalah pemenangnya.”
Ketekunan adalah kunci untuk sukses. Tidak heran jika Thomas Edison pernah menyatakan bahwa,”jenius adalah satu persen ilham, sembilan puluh sembilan persen keringat.”

No comments: