07 December 2008

SENAM OTAK UNTUK KESUKSES MENTAL

Oleh: Riwayat attubani
Gagasan tidak jatuh dari langit, gagasan datang dari manusia. Manusia membuat perangkat lunak. Manusia merancang produk. Manusia menemukan bisnis baru. Setiap pemikiran baru yang memberi kesenangan atau produktivitas atau kemudahan adalah hasil dari kecerdasan manusia. Bagaimana cara memunculkan ide kreatif, jawabnya adalah mind map adalah alat pemikiran kreatif yang hebat. Mind map merupakan sarana untuk menggali kreativitas. Kemudian timbul pertanyaan apakah sebenarnya kreativitas? Kreativitas adalah kemampuan berfikir dengan cara baru menjadi orisinil. Yang termasuk pemikiran kreatif adalah kefasihan yaitu seberapa mudah anda melepaskan ide-ide. Fleksibilitas, kemampuan anda melihat sesuatu dari sudut pandang lain. Orisinilitas, ini adalah inti dari pemikiran kreatif, mewakili kemampuan anda mengahsilkan ide-ide unik.
Thomas Edison adalah orang yang terkenal karena menemukan bola lampu, adalah jenius kreatif dalam hal ide. Ia mematenkan lebih dari 1000 penemuan dalam hidupnya. Mengembangkan ide pemikir yang kreatif mampu membangun dari mengembangkan, menghias, melebihkan dan mengembangkan ide. Pemikiran kreatif melibatkan otak kanan dan otak kiri. Mind sendiri melibatkan setiap aspek dari kortek kiri dan kortek kanan, dan karenanya merupakan alat pikir istimewa yang melibatkan seluruh bagian otak. Mind map adalah satu-saunya alat yang bisa diandalkan untuk membantu anda berfikir secara ekspansif, berfikir kreatif, ketika anda butuh untuk berfikir yang menghasilkan ide, merencanakan sesuatu dengan khas, atau menggugah imajinasi, keluarkan secarik kertas dan buat mind map pikiran anda.
Anda dapat melibatkan imajinasi dengan banyak cara, seperti melebih-lebihkan,humor, menggunakan indra, warna, irama, pemikiran positif, mind map dan gambar. Ketika otak anda ingin mengingat sesuatu, bantulah otak untuk membuat aosiasi dengan mencari atau menggunakan pola, nomor, simbol dan mind map.
Sepuluh kiat kreativitas
1. mind map
2. gunakan warna dalam catatan anda
3. melamun dan bermimpilah
4. berfikirlah secara radial(memencar)
5. simpanlah buku catatan mind map
6. gunakan mind map sebagai alat kemunikasi kreatif
7. mind map dan masa depan
8. buatlah mind map yang hanya menggunakan gambar
9. berilah kode warna pada mind map
10. jelajahi bagaimana mind map bisa membantu dalam hidup anda.
Kreatifitas adalah kunci kesuksesan mental, baik dalam ide ecemerlang.dan asli,maupun dalam mengingat apa yang ingin anda ingat. Otak anda pada dasarnya kreatif dan hanya perlu menyediakan lingkungan yang benar untuk membebaskan seluruh potensi kreatifnya. Tumbuhkan setiap kesempatan yang anda miliki untuk menjadi kreatif, dan selalu mencoba untuk fleksibel dan menjauh dari ”normal” yakini bahwa sepri otak anda, ide-ide anda sangat istimewa- dan ingatlah mind map adalah sekutu terbesar anda dalam melepaskan sang jenius di dalam diri anda.

Pada bagian akhri dari pembahasan ini hubungan kesehatan dan konribusinya terhadap mind map terkait erat . hal ini dapat dicermati dengan telah ditemukan fakta antara kebugaran fisik dan kesiagaan mental serta kestabilan emosi meningkatnya kinerja ketahanan tubuh akan membuat tubuh tidak terlalu rentan terhadap keletihan, dan akibatnya lebih jarang membuat kesalahan, baik mental maupun fisik.
Makanan berkualitas yang kita makan akan memberi dampak positif terhadap tubuh dan menta anda. Kinerja mental anda pun akan terjaga dengan baik. Dengan demikian memberi makan tubh, pada dasarnya juga memberi makan akal. Jika tubuh cukuoasupannya maka sudah pasti akalnya akan ikut terpengatuh menjadi lebih baik. Dengan demikian dapat dipahami bahwa mind map saja tidak cukup untuk membuat orang kreatif, tetapi ada pendukung lain yang tidak boleh diabaikan di antaranya adalah pola makan yang sehat juga memberi pengaruh terhadap akal. Dalam akhir bab dalam buku ini diungkapkan dan dicontohkan aplikasi mind map dalam keseharian, baik dalam merancang kegiatan harian, mingguan, bulanan,tahunan, bahkan puluhan tahun diusahakan dengan menggunakan mind map.

No comments: