07 December 2008

Mengenali Otak Membuka Peluang Potensi


Oleh: Riwayat attubani

Otak mengatur semua fungsi tubuh, otak mengendalikan perilaku kita paling primitif- makan, tidur, menjaga agar tubuh tetap hangat, otak bertanggung jawab untuk kegiatan yang paling canggih-penciptaan perdaban, musik, seni, ilmu, dan bahasa. Harapan dan pikiran, emosi dan kepribadian semua tersimpan di suatu tempat di dalam sana. Intinya otak sangat menakjubkan.
Jumlah sel otak manusia adalah adalah 1.000.000.000.000. sel.
Beda bagian, beda fungsi.
1. Batang otak mengendalikan fungsi-fungsi penyangga kehidupan misalnya pernafasan dan laju denyut jantung.
2. Serebelum atau otak kecil mengendalikan gerakan tubuh dalam ruang dan menyimpan ingatan untuk respon-respon dasar yang dipelajari.
3. System limbic, yang posisinya sedikit lebih ke depan dan terdiri atas thalamus dan ganglia basal atau otak tengah. System limbiki penting untuk pembelajaran dan ingatan jangka pendek.
4. Serebelum atau kortek, serebral, membungkus seluruh otak dan posisinya berada di depan.
Para ilmuan hipotalamus mengatur hormone, hasrat seksual, emosi, makan, minum, suhu tubuh, keseimbangan kimiawi, tidur dan bangun, sekaligus mengatur kelenjar utama dari otak, yaitu kelenjar pituitari.
Otak terdiri dari otak kanan dan otak kiri, untuk lebih jelasnya akan dikemukakan fungsi masing-masing:
1. otak kanan, tugasnya adalah irama, kesadaran ruang, imajinasi, melamum, warna, dimensi, dan tugas-tugas yang membutuhkan kesadaran holistic atau gambaran keseluruhan.
2. otak kiri bertugas di antaranya tentang kata-kata, logika, angka, urutan, daftar, dan analisis.
Ada juga yang menyatakan bahwa otak kiri erat kaitannya dengan akademik, intelektual, dan bisnis. Sedangkan otak kanan terkait dengan kegiatan artistik, kreatif, dan naluriah. Yang jelas dalam menggunakan potensi otak kanan dan kiri hendaknya dilatih dan diusahan dengan tekun.sehingga kemungkinan untukmenggunakan otak kanan dan kiri akan seimbang. Intinya adalah selalu berusaha untuk melatih kemampuan dengan menggunakan otak kanan dan otak kiri.

No comments: