31 August 2008

Para Pencari Kekuasaan

Oleh: Riwayat Attubani
Para pencari kekuasaan, ya sekarang banyak orang berlomba untuk mencari kedudukan, jabatan. merekaberlomba untuk mendapatkan kekuasaan dengan cara apapun. para pencari kekuasaan selalu berlomba menjadi pemenang. menjadi manusia nomor satu, menjadi pemimpin. padahal Muhammad Saw pernah memperingatkan kepada semua manusia agar berhati-hati kepada orang yang meminta jabatan. bahkan Nabi Muhammad Saw melarang seseorang meminta jabatan. jabatan adalah amanah, bukan sekedar untuk memperturutkan ambisi dan hawa nafsu.
banyak orang terjebak kepada nafsu kekuasaan,nafsu ingin berkuasa, padahal sebenarnya ia tidak layak untuk menjadi penguasa, yang pantas baginya adalah orang biasa.
sebagai orang beriman tentunya ada sisi hati yang menjadi parameter, menjadi tempat meminta fatwa. Nabi Muhammad Saw menyatakan bahwa jika ada masalah ada problem, ada kendala dalam hidup maka mintalah fatwa pada hati nurani, hati yang bersih, hati nurani adalah hati yang masih terkonek terhadap Tuhannya.
untuk itu menjadi manusia hendaknya jangan mencari dan meminta jabatan, tetapi kalau ada yang meminta hendaknya kita bertanggungjawab dan berusaha memikul amanah itu.

No comments: