18 August 2008

Apakah Kita Sudah Merdeka ?

Apakah merdeka itu, merdeka dari penjajah, merdeka dari kolonial? mungkin kita akan menjawab dengan menyatakan bahwa dikatakan merdeka adalah ketika suatu bangsa telah terbebas dari belenggu penjajahan, penjajah telah hengkang dari negeri tersebut.merdeka adalah ketika suatau bangsa telah lepas dari kolonialisme.
merdeka bukan hanya sebatas itu, merdeka bukan sekedar lepas dari penjajah bangsa lain, tetapi lebih dari itu kita harus merdeka dari bayang-bayang orang lain, merdeka dari belenggu kemiskinan, merdeka dari kebodohan, merdeka dari penipuan, merdeka dari penindasan, merdeka dari korupsi, merdeka dari suap, merdeka dari manipulasi, merdeka dari kecurangan, merdeka dari penghianatan, merdeka dari kesusahan, merdekatan dari kejahaatan para penguasa yang zalim.
bangsa indonesia secara defakto telah merdeka tanggal 17 Agustus 1945, bangsa ini medeka dari penjajahan bangsa lain, namun perlu juga dicermati bahwa kita, bangsa kita belum merdeka dari kemiskinan, kebodohan, korupsi, pemimpin yang zalim, suap, para penghianat.
untuk itu mari kita merdeka dari segala musuh kemanusiaan.

No comments: