19 July 2020

DECENTRALIZATION, AUTONOMY AND SCHOOL IMPROVEMENT




Desentralisasi menjadi agenda politis strategi untuk pendidikan di negara-negara di dunia pada  terutama pada dua decade sebelumnya  ( Fullan-And Watson, 2000, p.45 3). Davies et al ( 2003, p.139) Ia menjelaskan sebagai suatu obat mujarab atau bahkan mantra didalam diskusi global " penguasaan baik" atau format pengambilan keputusan efektif' dan, menurut Calloids ( 1999, p.9), adalah ' salah satu gejala utama yang  mempengaruhi perencanaan bidang pendidikan pada  lima belas tahun terakhir '. yang keduanya berkembang di ( Bank Dunia, 1995) Masyarakat barat ( Rondinelli et Al, 1983)

 walaupun,  ketika Hanson ( 1998, p.111) menunjuk ke luar, alasan, strategi dan hasil  sama  berbeda seperti  negara-negara mereka. Sebagai contoh, di Nicaragua, Desentralisasi telah digunakan untuk menguasakan orang tua dan pendidik lokal melalui  peningkatan status otonomi sekolah dan di Pakistan tujuan adalah untuk meningkat/kan keikutsertaan anak-anak bidang pendidikan dari keluarga-keluarga berpendapatan rendah. Di Negara-Negara barat seperti Australia Austria, Selandia Baru, Netherlands, UK dan AS, desentralisasi adalah suatu pantai utama dari perubahan bidang pendidikan sistematis sebagai upaya negeri mencari dan menaikkan prestasi bidang pendidikan sebagai bagian dari pengarah untuk memastikan daya saing dalam ekonomi global.

Caidwell dan Spinks, 1988; 1992; 1998) dan, Caldwell ( 2001) dan pengikutnya  sudah menggunakan istilah self-managing sekolah mengacu pada sekolah yang telah ada peralihan atau pendelegasian pengambilan keputusan penting,  terutama sekali sumber daya yang beroperasi pada suatu kerangka tanggung-jawab dan standard yang ditentukan. Sekolah Pemerintahan sendiri, bagaimanapun, hendaknya tidak  beroperasi di dalam kerangka seperti itu, sekolah swasta di dalam kebanyakan sistim dapat dijadikan contoh yang baik untuk pemerintah.

Jelaslah bahwa dari contoh tersebut kepedulian diperlukan untuk  penafsiran berbagai konsep, proses dan gagasan berhubungan dengan tingkat yang berbeda dengan pengambilan keputusan pada sistem bidang pendidikan. Bagaimanapun, dalam rangka memahami isu itu, kita hendaknya memusatkan pada konsep inti dari  desentralisasi.

 

DESENTRALISASI                                  

 

Suatu definisi adalah titik awal yang bermanfaat walaupun, meskipun tidak secara langsung. Menurut Karlsen ( 2000), desentralisasi tidak mempunyai  arti yang tepat, meskipun demikian erat kaitannya  dengan konsep lain seperti deregulasi, pendelegasian, peralihan dan dekonsentrasi (Tukang besi, 1985). Tidak  semua terminologi ini digambarkan kemudian digunakan untuk menandai adanya tindakan seperti kepindahan dan pembalikan. mereka menyarankan suatu pengertian separasi dari hal beberapa atau menunjuk. Sebagai tambahan, mereka semua menguraikan suatu hubungan dimensional yang menghubungkan pusat dengan batas luar. Dengan kata lain, mereka dapat dilihat ketika akhir suatu rangkaian ( Mintzberg, 1983) berarti adalah konsep relatif. Apa yang   dipertimbangkan didesentralisasi dengan mudah dilihat ketika dipusatkan pada yang lain.

Hanson ( 1998) dan Karstanje ( 1999) menggambarkan desentralisasi suatu sistem sebagai proses otoritas pengambilan keputusan untuk fungsi tertentu dan kuasa yang didelegasikan dari pusat ke daerah atau dari penguasan tertinggi kepda penguasa yang lebih rendah'. Karenanya, ada suatu pengertian suatu mengubah power-base berhubungan kepada konsep desentralisasi. bagaimanapun, desentralisasi menyiratkan kekuasaan digeser kepada unit ' paling rendah' yang mana, di dalam kasus pendidikan, biasanya mempertimbangkan perguruan tinggi atau sekolah, apalagi di perguruan tinggi atau sekolah individu, kuasa mungkin dijaga oleh prinsip dengan tidak ada kuasa diserahkan lain di institusi itu. green ( 1999) desentralisasi bermaksud menyerahkan kekuasaan  kepada daerah, berpindahnya pengambilan keputusan bidang pendidikan dan kekuasaan  berhubungan dengan pengambilan dari pusat kepada kepada pemerintah daerah; memahami desentralisasi dalam praktek melalui  identifikasi dan pertimbangan dari  studi kasus internasional yang berbeda  berdebat hubungan antara  peningkatan sekolah dan otonomi kelembagaan. variasi terminologi pada hakekatnya dihubungkan untuk melihat hasil dari desentralisasi itu sendiri.

Dalam  terminologi berbeda digunakan untuk menguraikan proses pengambilan keputusan dari satu tingkat otoritas ke yang lain di dalam sistem seperti halnya menghasilkan kondisi-kondisi untuk organisasi individu dari dinamika ini. Beberapa penulis menggunakan satu atau istilah lain tanpa perhatian terperinci ke maksud yang  tepat dengan hasil yang mereka mungkin gunakan.

Secara internasional, situasi bahkan lebih kacau, Smyth (1993, p.1) memperbicangkan tentang desentralisasi membingungkan array terminologi seperti ' manajemen school-based', ' peralihan', ' pengambilan keputusan site-based' dan ' format school-centred pendidikan' di dalam pengenalan koleksi yang diterbitkannya pada self-managing sekolah. Karstanje ( 1999) menambahkan deregulasi' daftar dalam konteks Eropa. mengetahui variasi terminologibelumlah cukup. Sebagaimana  Whitty et Al ( 1998) namun,  suatu masalah dengan istilah dimaksud  berbeda jika dihubungkan dengan satu terms saja, beberapa manajemen sekolah mempunyai kaitan dengan desentralisasi dan deregulasi sekolah atau perguruan tinggi sedang lainnya dalam pengambilan keputusan dilakukan secara bersama di sekolah atau perguruan tinggi. Mereka menyimpulkan bahwa tidak satupun dari istilah tersebut mempunyai definisi yang  tepat' ( p.9) dan ' terutama dari segi semantik' ( p.10), hal ini juga dinyatakan oleh Thomas dan martin ( 1996, p.18).

Bagaimanapun, memusatkan pada self-managing dan sekolah pemerintahan sendiri, mempunyai suatu pembedaan penting dan jelas bersih, di (dalam) terakhir waktu, dibuat oleh Caldwell ( 2001; 2002). Caidwell dan pos terdepan pemerintah pusat regional, otoritas lokal, mitra sosial dan institusi mereka sendiri ( p.6 1). Dengan kata lain, desentralisasi dapat untuk  tingkatan ' lebih rendah' manapun. Definisi green  juga menyoroti kesukaran istilah. Peralihan merupakan suatu pengaturan permanen yang berkenaan dengan perpindahan pengambilan keputusan untuk suatu tingkat yang lebih rendah sebagai lawan pendelegasian ketika otoritas pusat siap re-appropriate beberapa atau semua kuasa untuk membuat keputusan ( Kantor untuk Penerbitan Pejabat Masyarakat Yang mengenai Eropa, 2001, p.180). Dekonsentrasi menguraikan pengertian desentralisasi sebagai tugas dan kekuasaan dipindahkan dari pusat ke badan lokal. Yang  mempunyai kaitan dengan tempat otoritas dan menggerakkan secara formal hak-hak untuk memutuskan  bidang pendidikan ( Levin dan Muda, 1994).

Karstanje ( 1999, p.29) membedakan antara desentralisasi dan deregulasi di dalam kecenderungan diskusi tentang nya di (dalam) Eropa. Ia membantah bahwa terdahulu dihubungkan dengan pusat Dan Negara-Negara Eropa Ketimuran belakangan berkecenderung untuk mendominasi Barat. Bagaimanapun, di (dalam) mempersiapkan suatu kerangka konseptual yang berhubungan tugas utama di dalam manajemen sekolah dan nilai/kelas otonomi berbeda, ia memasang proses keduanya dan menandai adanya tingkat sentralisasi dan desentralisasi yang berbeda, serta dikombinasikan dengan regulation/deregulation.

 

Pemusatan dan Desentralisasi

Centre-Periphery Definisi berarti bahwa jika desentralisasi adalah mungkin kemudian pemusatan harus pula jadilah suatu pilihan. Berbagai argumentasi untuk pemusatan diberi. Brooke ( 1984, p.170) meliputi kebutuhan akan kendali pusat, safer' ( p.135). Argumentasi yang prinsip untuk pemusatan bidang pendidikan seperti dikemukakan oleh Winkler ( 1993) dan Welier ( 1993) keuangan bermanfaat secara ekonomi skala seperti halnya alokasi sumber daya untuk mengurangi perbedaan ekonomi regional;

1.      kebijakan dan keseragaman bersifat rencana, untuk menetapkan konsistensi di (dalam) mutu, program kegiatan dan aktivitas (sebagai contoh, kurikulum, menggunakan;merekrut, pengujian, penyerahan bantuan administratif);

2.      penempatan sumber daya manusia langka, untuk menempatkan secara strategis yang langka, sumber daya manusia trampil pada poin-poin itu di dalam institusi dimana dampak mereka dapat menjangkau ke seberang keseluruhan sistem bidang pendidikan;

3.      difusi inovasi, untuk menyebar partikel debu perubahan dengan cepat melalui/sampai keseluruhan sistem; pengajaan dan pembelajaran yang ditingkatkan, suatu kurikulum dikendalikan dapat satu kebijakan menjawab untuk permasalahan dalam para guru berkualitas.      

 Hanson ( 1986) menyediakan suatu ilustrasi bermanfaat untuk situasi kebijakan pemusatan secara dramatis meningkatkan organisasi dan manajemen sistem yang bidang pendidikan. Contoh nya adalah sekitar Kolumbia dari 1968 kepada almarhum 1980. Sebelum 1968, departemen ( serupa ke provinsi atau negara) hidup suatu kondisi semi-anarchy. Menurut Hanson, dalam memuutuskan kebijakan mereka jarang ragu-ragu untuk menggunakan dana bidang pendidikan untuk tujuan lain, kesalahan memenej sungguh akan berakibat kepada ketidakefisiennya kebijakan bidang pendidikan nasional. Ia menunjuk di daerah lain, bahwa sebagai hasil suatu pelimpahan wewenang untuk meningkatkan pemusatan  sistem bidang pendidikan pada tahun 1968.

Pemusatan Dan Desentralisasi kemudian adalah pada hakekatnya berhubungan satu dengan lain,( Coklat, 1990, p.37).  Caidwell ( 1993), di (dalam) mendiskusikan bergeser pola teladan penguasaan di (dalam) pendidikan secara internasional, menyoroti kecenderungan untuk memusatkan penentuan sasaran, menetapkan prioritas dan kerangka untuk accountabilitas dan untuk mendesentralisasi otoritas dan tanggung jawab merupakan fungsi kunci ke tingkatan sekolah.

 

 

 

Suatu Kecenderungan Internasional

 

            Perlu digarisbawahi, kecenderungan di seluruh bumi, sebagai contoh, di AS (Elmore, 1993; Lebih baik, 1993), Canada ( Hailak, 1991) dan Inggris dan Wales ( L.Eva, 1995). Di (dalam) rasa hormat ke Inggris dan Wales, memberikan contoh oleh yang 1988). Tindakan Ini memperkenalkan suatu kurikulum nasional, penilaian yang dibakukan, manajemen dana dan sekolah swasta merawat status untuk sekolah. Sebagai hasil potongan perundang-undangan tunggal ini, aspek kebijakan, kurikulum dan penilaian telah dipusatkan, sedang praktek dan tanggung jawab manajemen manusia dan phisik sumber daya telah didesentralisasi. Walaupun Pemerintah konservatif bertanggung jawab untuk mempromosikan perundang-undangan berdasarkan  otonomi, pilihan dan keaneka ragaman, dengan kata lain, konsep menghubungkan dengan desentralisasi, Tindakan dilakukan, sesungguhnya, memusatkan banyak penting untuk  Status Sekretaris, untuk Pendidikan Whitty ( 1990) mengambil pandangan ideologis tertentu  dan membantah bahwa ' yang retorik desentralisasi adalah suatu tutup untuk pemusatan. Sedangkan  para penulis lain ( sebagai contoh, Thomas, 1993; Levaié, 1995) juga menafsirkan polarisasi aspek kebijakan pendidikan dan praktek di dalam memperkenalkan perubahan melalui  Tindakan ini .

 

Suatu contoh kasus desentralisasi di Brazil.

 

Contoh Kasus 1 Decentrahsasi di Brazil tahun  1990

Gorostiaga Derqui (2001) menyelidiki kebijakan ini di Brazil, dengan pertimbangan mutu pendidikan terendah disbanding dengan wilyah alinnya di Amerika. Brazil juga termasuk Negara miskin di Amarika. Pada tahun 1988 Konstitusi didesentralisasi ke sistem pendidikan kotapraja dan dari tahun  1985, beberapa negara mengijinkan mendirikan  dewan sekolah yang mencakup para guru, pengurus, para siswa dan orang tua.

Beberapa negara dan kotamadya tengah bergerakkan ke arah pemasukan anggaran dan administrasi kepegawaian di dalam tanggung-jawab dewan sekolah ( Papan Eta, 1996). Tetapi kebijakan ini berubah berubah  pada tahun 1991, pemerintah nasional mulai menerapkan suatu sistem evaluasi dipusatkan walaupun dengan prakarsa ini terlihat  bahwa pengintegrasian sistem dimaksudkan (Souza, 1997; tidak Ia Fuente et Al, (1998). Merupakann  rencana pemerintah pusat telah disetujui pada tahun  1993 dengan tujuan menetapkan muatan kurikuler  minimum dan standard untuk manajemen bidang pendidikan pada tahun 1996, Konggres hukum bidang pendidikan mendukung otonomi sekolah meskipun  masih ada peran aktif pemerintah 2pusat.

Krawczyk (999) menganalisa  kebijakan manajemen sekolah di 11 Kotamadya di Barzil dan mengamati suatu kecenderungan bahwa sekolah mampu membuat keputusan mereka sendiri, mengorganisir tugas di sekitar proyek kelembagaan, mengatur sumber daya dan memilih prosedur dengan tidak melewati batas yang telah ditetapkan dan dikendalikan oleh kotamadya. Walaupun kebijakan ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan, dua di antara semakin sedikit konsekwensi untuk membantu pemecahan menjadi kepingan sistem ketika sekolah ditinggalkan ke nasib mereka sendiri dan adopsi model manajemen yang memulai dari dunia yang komersial.

Pada bagian yang sebelumnya koneksi antara desentralisasi dan pemusatan telah diselidiki dan beberapa argumentasi untuk menawarkan pemusatan. Bagaimanapun, seperti yang telah dinyatakan, di akhir-akhir desentralisasi adalah fokus utama bagian berikutnya mempertimbangkan kasus untuk desentralisasi dan mengapa hal itu  menjadi  pusat perubahan bidang pendidikan.

Rhoten ( 2000) mempertimbangkan desentralisasi untuk suatu hasil globalisasi dan menjelaskan bahwa: dengan awal 1980 an, telah dipercaya praktek dan filosofi itu yang mempromosikan centralas yang kelembagaan Status Kesejahteraan yang nasional adalah tidak cocok/bertentangan dengan neo-liberalism dan globalisasi ekonomi. Pergeseran Paradigma melampaui batas-batas negara ini mengakibatkan beberapa gerak kebijakan nasional di mana administrasi di seluruh bumi

 yang diatur kembali peran, hubungan dan tanggung-jawab status, pasar dan masyarakat via kebijakan seperti deregulasi, privatisasi dan desentralisasi. Oleh karena paradigma ini- kebijakan bergeser... ketetapan publik domestik yang seperti jasa education-was memberikan kepada sub-national negara ( p.594).

Dia terus untuk berkomentar bahwa pendekatan paling umum analisa desentralisasi bidang pendidikan dalam literatur  baik secara teknis maupun  politis. Yang terdahulu mempunyai kaitan dengan masukan dan hasil keuangan, bersifat pendidikan atau organisasi dan efek desentralisasi ditaksir dalam kaitan dengan keefektifan biaya terukur oleh tingkat promosi siswa, wisuda/pembagian derajat dan atau penilaian sehubungan dengan sumber daya. ( lihat Carnoy, 1998; Raja dan Osler, 1998). Seperti itu, pendekatan teknis memusat pada keefektifan biaya dan peningkatan sekolah. Yang belakangan, pendekatan politik analisa desentralisasi, terlihat  sebagian besar pada tegangan dan negosiasi antara pemerintah, birokrasi pendidikan besar dan atau kelompok di situasi dimana desentralisasi menjadi bagian daridemokratisasi proses nasional dibanding/bukannya sedang melakukan peningkatan sekolah.

Hanson ( 1998), bagaimanapun, membantah perubahan desentralisasi bidang pendidikan itu-yang secara khas mempunyai gelanggang politis' ( p.3). Ia menguraikan desentralisasi sebagai alami. Sebab   negara-negara membuat transisi dari otokratis ke bentuk negara demokratis dan mencoba untuk menetapkan keikutsertaan warga negara dalam pemerintah. Contoh . seperti negara-negara Nicaragua, Venezuela, Spanyol, Argentina, Columbia, Cili, Mexico seperti halnya seperti halnya Negara-negara bekas jajahan komunis di  Eropa Timuran. Hanson juga menunjuk ke luar bahwa ada banyak berbeda, tetapi sering berhubungan, tujuan  prakarsa desentralisasi. Ini meliputi:

  1. Meningkat pembangunan ekonomi melalui moderenisasi kelembagaan, e.g. Venezuela pada  tahun 1960 dan 1970 ( Hanson, 1976);
  2. Meningkat  effisiensi manajemen, e.g. Venezuela pada tahun 1990( Cruz, 1992);
  3. pembagian kembali [dari;ttg] tanggung jawab keuangan, e.g. Argentina ( pendidikan utama 1978 dan sekunder 1991) ( Fernandez Lamarra Dan Vitar, 1991);
  4. meningkat demokratisasi, e.g. Spanyol di (dalam) almarhum 1970s, Columbia [yang] pada awal 1990s;
  5. penawaran bersaing pusat [kuasa/ tenaga], e.g. di (dalam) Cili Dan Mexico ( Cortina, 1995; Mcginn Dan Jalan, 1986; Nunez et Al, 1993).
  6. meningkatkan mutu pendidikan ( Winkler, 1993, p.66).

Karstanje ( 1999) menguraikan motivasi [itu] di belakang desentralisasi [yang] yang seperti biasanya dua kali lipat: memendekkan jarak antara pemerintah dan organisasi yang bertanggung-jawab atas implementasi ( sekolah); dan bergeser risiko keuangan itu kepada suatu tingkat yang lebih rendah( p.29). Setelah membedakan deregulasi sebagai proses terpisah, ia menjelaskan deregulasi itu ' berasal dari pandangan bahwa otoritas pusat terletak beberapa dari institusi bidang pendidikan tidaklah mampu untuk membuat stok situasi spesifik pada institusi' ( p.30). Karstanje juga menjelaskan bahwa jika institusi sendiri membuat keputusan di dalam parameter menyimpan pemerintah( p.30). Argumentasi nya adalah bahwa keputusan buat dekat dengan titik implementasi dan . yang membawa tanggung jawab keuangan adalah nampaknya akan keputusan lebih baik, terutama sekali dalam kaitan dengan sekolah dan peningkatan perguruan tinggi.

Contoh Kasus 2 Argumentasi untuk Desentralisasi di Norwegia

 Menurut Karlsen ( 2000, pp.526-527) desentralisasi di Norwegia telah (menjadi) agenda sejak] 1960, Walaupun penekanan di dalam argumentasi untuk memvariasi pada waktu, sana telah (menjadi) empat pantai utama:

  1. untuk memperkuat demokrasi dengan pemindahan kekuasaan dari pusat ke badan local.
  2. untuk menyempurnakan inovasi dan pengembangan sekolah.
  3. untuk memperkuat kultur lokal, bisnis lokal dan masyarakat yang lokal secara keseluruhan.
  4. untuk mencapai rasionalisasi dan efisiensi.

Selama waktu ini, perundang-undangan telah ditetapkan untuk menyempurnakan desentralisasi dan yang diharapkan mencoba mencapai itu. Sejak dulu 1969, Hukum bidang pendidikan untuk Menurunkan Sekolah Menengah memberi para siswa dan masyarakat hak untuk mengambil bagian pengambilan keputusan di sekolah mengukur. Tahun 1974 Petunjuk Kurikulum dan, terutama sekali, Petunjuk Yang ditinjau kembali pada tahun 1987, menyajikan lebih  fleksibilitas dan kebebasan untuk sekolah dan para guru. Sebagai contoh, tahun 1987 petunjuk kurikulum memberi sekolah kesempatan untuk kembang;kan kurikulum lokal dan untuk menyesuaikan petunjuk ke kondisi-kondisi dan kebutuhan lokal. Khususnya, mereka membuka kurikulum yang meliputi pengetahuan lokal dan kultur lokal.

 Bagaimanapun, tahun 1997 Petunjuk Kurikulum membalikkan usaha ini dan lebih terkait untuk mencapai standardisasi dan menekan kebutuhan akan pendidikan skill-orientated dan akademis. Ketika, Karlsen menunjuk Ke luar ' sungguhpun ini dari bawah ke atas strategi masih diterima secara logika, ada suatu pergeseran ke arah top-down strategi lebih tradisional tahun 1990. Petunjuk Kurikulum baru di Norwegia, mulai berjalan 1997, sebagian besar hasil suatu prakarsa pusat mengembalikan top-down strategi ( p.527).

Pada waktu yang sama, fokus desentralisasi pada tahun 1990 adalah tentang tanggung-jawab dan efisiensi sekolah sebagai hasil pengurangan dalam belanjaan publik biasanya mengikuti krisis  minyak. Argumentasi bahwa otoritas lokal dan sekolah individu terbaik ditempatkan untuk menggunakan pembiayaan secara efisien seperti halnya usaha untuk memperoleh sumber daya baru. Seperti itu, lebih otonomi dan kemerdekaan dan beroperasi pasar seperti lain bisnis. Karlsen menguraikan pendekatan terbaru ke desentralisasi, ketika ditandai strategi yang lebih pribadi dan membisniskan sekolah' ( p.528). Sebagai tambahan menyediakan suatu contoh proses desentralisasi dan pemusatan, studi kasus ini menyoroti luas argumentasi untuk yang terdahulu mencakup isu tanggung-jawab, efisiensi dan menjual

OTONOMI DALAM PENDIDIKAN

Otonomi digambarkan sebagai hak swapraja. Dengan kata lain, suatu organisasi otonomi bertanggung jawab untuk membuat keputusan tentang satuan isu berkenaan dengan gaya dan penguasaan operasinya. Otonomi mungkin suatu hasil desentralisasi walaupun penting untuk menunjuk bahwa desentralisasi tidak perlu mendorong ke arah otonomi. Seperti desentralisasi, otonomi ditingkatkan dan didorong kearah otonomi pada dan di sisi lain dikurangi, (Thomas, 1997). Makna  ini, sama dengan dulu, pengambilan keputusan dan kekuasaan digeser kepusat dimensi. Dalam  menggolongkan Sekolah Australian (pada periode 20 Thun terakhir, Sharpe ( 1994) menguraikan suatu rangkaian dari total kendali eksternal untuk total self-management.

Ia mengidentifikasi empat sub-continua yang menguraikan apakah sekolah mempunyai otonomi: variabel masukan, seperti keuangan, staff dan para siswa; variabel struktur seperti keputusan tentang pola teladan ketetapan; variabel proses seperti manajemen kurikulum; dan variabel lingkungan mempunyai kaitan dengan pelaporan dan pemasaran. Dalam  pengujian desentralisasi mereka di 11 negara-negara, Thomas ( 1997) juga menggunakan empat dimensi. Mereka menggolongkan derajat tingkat desentralisasi bidang pendidikan, atau area di mana unit lebih rendah menikmati derajat tingkat beberapa otonomi dalam terminologi yang lebih luas.

Kurikulum  dan penilaian, manusia dan phisik sumber daya, keuangan dan akses ( pintu masuk murid). Simkins (1997, p.20) menyelidiki isu serupa  dalam otonomi diskusi tentangnya, tetapi menambahkan yang lain: di bawah format kendali dan batasan apa yang harus kekuasaan  ini dicoba-coba? Pertanyaan ini menyoroti alami otonomi yang relatif dan paradox, terutama organisasi otonomi  mungkin tunduk kepada batasan dan kendali pusat. Dalam mengembangkan argumentasinya, ia membedakan antara kekuasaan, ukuran-ukuran,yang terkait dengan penetapan  tujuan dan kerangka dan kekuatan operasional yang terkait dengan penyerahan layanan. Karisen's ( 2000) analisa penguasaan bidang pendidikan di Norwegia dan Columbia Britania, Canada adalah relevan di sini. Ia berkomentar: ' Kita  sedang memperhatikan suatu desentralisasi yang dinamis di mana pemicu adalah tugas pusat, tetapi implementasi dan tanggung-jawab adalah tugas-tugas lokal.

Leva (2002, p.188) mendiskusikan format otonomi sekolah dalam kaitan dengan keputusan- pembuatan yang mungkin pada suatu pertimbangan sekolah. didasarkan Sendiri bekerja ( Levai 1995) dan Karstanje (1999) dia menyarankan lima daerah:

1.      organisasi sekolah: struktur, pembedaan, proses pengambilan keputusan, ukuran kelas kapasitas;

2.      kurikulum: ( petunjuk, isi, jam, buku teks), mengajar metoda dan penilaian.

3.      mengorganisir: peraturan kecakapan, janji temu dan pemecatan pembubaran, dalam jabatan pelatihan, penilaian, upah dan kondisi-kondisi layanan, mencakup metoda manajemen capaian; keuangan dan manajemen sumber daya:

4.       membelanjakan keputusan; ukuran penetapan susunan kepegawaian, pendapat, sistim informasi, kewajiban dan asset keuangan;

5.      hubungan eksternal: kebijakan pintu masuk, perekrutan murid, hubungan dengan lain organisatioris ( e.g. serikat buruh).

Dia menunjuk Ke luar itu di dalam masing-masing daerah beberapa keputusan dapat ditugaskan ke sekolah dan orang lain ke tingkat yang lebih tinggi. Format otonomi sekolah dan struktur penguasaan sistem persekolahan tergantung pada daerah yang berbeda dan tingkat pendelegasian ke sekolah di dalam masing-masing daerah.

Walaupun jelas, desentralisasi, pertimbangan otonomi meragukan, terutamaberhubungan dengan variasi dalam menggunakan istilah, Levazies penggolongan sangat menolong seperti mereka memungkinkan perbandingan tentang derajat tingkat desentralisasi di dalam sistem bidang pendidikan berbeda, sebagai contoh, Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Milik pengembangan ( OECD, 2000). Pertimbangkan situasi profesional milikmu.

 Caidwell dan Spinks mendukung tanggung-jawab dalam melukiskan kerangka operasional suatu self-managing sekolah. Lebih dari itu, studi kasus pada  desentralisasi di Norwegia menyoroti tanggung-jawab dan efisiensi sebagai satu pertimbangan untuk desentralisasi. Dalam  konteks ini, argumentasi para pemimpin dan para manajer dekat dengan penyerahan pendidikan,dengan demikian akan mampu membuat keputusan efisien dan efektif tentang layanan. Karenanya, desentralisasi dipertimbangkan untuk meningkatkan efisiensi.

Bagaimanapun, dalam urutan sistem untuk berhasil, mereka berlatih dalam  pengambilan keputusan itu harus terbuka untuk penelitian dengan cermat dan, jika tantangan efektif perlu dan menghukum dalam rangka memastikan bahwa latihan di dalam batas yang ditentukan. Tanggung-Jawab, kemudian, dapat dihormati rekan pendamping dari kebebasan lebih besar pada tingkatan kelembagaan ketika permintaan dibuat untuk memperlihatkan  bagaimana kebebasan lebih besar digunakan. Kogan ( 1986) menguraikan sebab  suatu kondisi yang diberlakukan untuk  pemilik peran individu' ( p.25).

Kompetisi dalam  ekonomi terbaru, mengakibatkan negara-negara terus meningkatkan  dan memperhatikan daya saing internasional mereka dalam bisnis dan perdagangan dan capaian sistem bidang pendidikan dilihat sebagai cara untuk menyiapkan para siswa menjadi ekonomis produktif.

1.      keuangan Stringency-Increasing permintaan pada pembelanjaan public, negara-negara telah mendorong perhatian  memperoleh nilai untuk mendapatkan uang, apapun juga dibelanjakan untuk sistem pendidikan.

2.      Hak kekayaan opportunity-on basis bahwa semua warga negara dalam demokrasi menerima akses sama ke jabatan dalam pemerintahan.

Tanggung-Jawab namun isu kompleks lain. Dalam  format harfiah, tanggung-jawab dari satu pihak ( A) ke lain ( B) memerlukan tiga hal. Pertama, ada suatu harapan bahwa akan bertindak dalam cara-cara yang konsisten dengan kebutuhan sah si  B. Kedua, bahwa memandang format bermanfaat sangat penting untuk B. Ketiga, bahwa B boleh berlatih sanksi atas sesuatu jika gagal disesuaikan  dengan Harapan  ( Simkins, 1997, p.22). Bagaimanapun, dalam praktek tanggung-jawab ditetapkan  dengan  jalan berbeda dan berbagai model ditawarkan literatur. Di tingkatan yang makro, empat dimensi tanggung-jawab dapat dikenali:

 

  1. Political adalah suatu sistem yang didukung oleh dana-dana negara, institusi bertanggung jawab untuk penggunaan yang terbaik dana itu semua  dan pemerintah berhak dan bahkan suatu tugas untuk memastikan bahwa institusi sedang menyokong secara penuh kepada pembangunan ekonomi, kemajuan sosial, konservasi budaya, pemenuhan individu dan lain yang gol menikmati pen;dukungan tersebar luas.
  2.  Market-The Institusi adalah dapat dipertanggungjawabkan ke pelanggan nya, mitra dan stakeholders dan pilihan dan efisiensi ditekankan. Pelanggan, Mitra dan stakeholders adalah semua ' cuma-cuma' untuk menarik kebiasaan mereka atau mendukung jika institusi tidak menghasilkan apa yang diperlukan dengan cara yang membuat puas menuntut.
  3. Professional-Each Institusi, Sekolah, Perguruan tinggi, Daerah, otoritas pusat atau regional adalah bertanggung jawab untuk memelihara standard paling tinggi bidang pendidikan. Tanggung-Jawab ini diwakili oleh norma-norma yang diarasakan tidak enak oleh  para profesional bidang pendidikan dan oraganisasi  professional.
  4. Cultural-Education dapat diperlakukan sebagai mengembangkan pengertian baru yang mendalam, pengetahuan dan pemahaman dan merupakan suatu kekuatan untuk mengubah masyarakat. Dalam makna ini institusi hanya mempunyai sedikit tanggung-jawab.

Tanggung-Jawab adalah suatu bagian dari hakiki manajemen, kedua-duanya di dalam suatu sistem organisasi. Perubahan bidang pendidikan di seluruh dunia seperti desentralisasi dan otonomi di tingkatan sekolah atau perguruan tinggi.  penekanan lebih besar pada mekanisme untuk tanggung-jawab.

PASAR, PILIHAN DAN HAK KEKAYAAN DALAM PENDIDIKAN

Restrukturisasi pendidikan di seluruh dunia di tahun terakhir adalah karakteristik tidak hanya oleh pergeseran untuk melakukan desentralisasi sistem tetapi juga pengenalan tentang pilihan untuk konsumen ( Gewirtz et Al, 1995; Glatter et al, 1997). Pada  prinsipnya, orang tua dan para siswa mempunyai hak untuk memilih suatu sekolah atau perguruan tinggi, walaupun faktor lain boleh mengurangi atau genap menghapuskan pilihan ini. Sekolah Dan Perguruan tinggi pada umumnya mempunyai ukuran-ukuran pintu masuk yang harus dicukupi sebelum ditawarkan suatu tempat, berarti perguruan tinggi dan sekolah bersaing untuk menarik dan merekrut para murid dan para siswa dan hal ini dapat dipertanggungjawabkan kepada mereka. Pilihan ini dan tanggung-jawab pasar menyiratkan ciptaan pasar' di dalam sistem pendidikan umum dibiayai ( Levai, 1995, p.2; Whitty et Al, 1998, p.3).

Istilah ' pasar' dipinjam dari dunia komersil dan diterapkan dalam pendidikan dengan pertukaran produk dan jasa pada asumsi bahwa tujuan penyalur adalah untuk memaksimalkan laba dan meminimalkan biaya-biaya. Sebagai tambahan terhadap pilihan, pasar adalah tentang kompetisi, persediaan, permintaan dan harga, secara terminologi menciptakan makna kesukaran segera ketika berlaku untuk pendidikan. Penyedia, atau para penyalur, tentang pendidikan dibiayai tidaklah secara adapt  terkait dengan ' laba', tidak pula sekolah untuk sekolah milik pribadi. Lagipula, dalam beberapa situasi, total permintaan pada suatu waktu mungkin dihormati ketika ditetapkan, perbaiki dengan  mengumpamakan pergerakan keluar masuk sektor swasta diabaikan. Karena pertimbangan ini, istilah quasimarket telah digunakan untuk menguraikan perubahan dalam pendidikan ( Le Agung Dan Bartlett, 1993).

kompetisi adalah tentang penguasaan pasar. Pemasaran sekolah dalam percobaan untuk menarik lebih banyak  para murid, dengan demikian, memaksimalkan pasarnya saham telah menjadi suatu proses manajemen sekolah standard, terutama sekali di Negara-Negara berbahasa Inggris. Walaupun para manajer sekolah tidak tertarik akan keuntugan mekanisme formula dasar sistem seperti manajemen sekolah lokal ( LMS) di UK dirancang untuk mendorong sekolah untuk bersaing, para murid dan pembiayaan mereka. Apalagi, dalam beberapa Negara sebagai contoh, di Afrika Selatan, Para murid datang ke sekolah dibiayai, juga diharapkan untuk membayar uang sekolah. Dalam arti  sekolah ingin memastikan bahwa mereka merekrut kuota para murid penuh bagai mereka yang mampu membayar uang sekolah atau melobi pemerintah untuk membiayainya.

Pengenalan tentang mekanisme dalam pendidikan telah menggusarkan kontroversi pantas dipertimbangkan. Karena Advokat membantah bahwa kunci untuk  meningkatkan sekolah bukan konsumen yang mempengaruhi sekolah dengan banyaknya pilihyan mereka.( Ranson, 1996, p.216). Secara teori bahwa pilihan menciptakan kompetisi antara sekolah, baik berhasil baik dan sekolah kekurangan dipaksa ke luar dari ' pasar'. Karenanya, para pemimpin sekolah dan para manajer dapat mempertanggungjawabkan dan untuk  menyediakan perangsang peningkatan sekolah. Karena komentator lain, tidak secara langsung akan nampak. Di samping/ teori sekolah individu dan orangtua individu bebas untuk membuat keputusan tentang pendidikan ' yang disediakan' atau ' yang dibeli', lain faktor, seperti kepentingan diri, masuk ke dalam arena dan sekolah dan orang tua tidak menikmati ini ' kebebasan'. Isu hak kekayaan, suatu situasi pasar dan Stinette ( 1992, p.6) menguraikan secara singkat efek suatu kebijakan yang mana terlalu didesentralisasi.

Desentralisasi  dirancang untuk membawa pengambilan keputusan yang semakin dekat kepada siswa dan belajar lingkungan kelas. Bagaimanapun, desentralisasi membawa serta kemungkinan kemungkinan ekstrim masyarakat lokal, mencakup orang tua dan pendidik, tidak mempunyai pengetahuan dan sumber daya cukup melindungi mutu pendidikan yang disajikan kepada anak-anak mereka. Sama halnya pemusatan telah gagal sebagai jaminan penuh dari semua, maka boleh desentralisasi membuktikan tidak cukup kepada tugas yang sama. Contoh kelompok adalah nampaknya akan dikeluarkan meliputi anak-anak perempuan dalam beberapa pengaturan uang sekolah dibebankan ( seperti Afrika Selatan ditandai di atas) dan para murid dengan kebutuhan bidang pendidikan khusus dimana hasil prestasi murid digunakan untuk memasarkan  alat untuk masukan masa depan. Dari riset mereka, Van Langen dan Dekkers ( 2001, p.382) ditemukan kekuatan pasar bertindak melawan terhadap kooperasi antara sekolah, yang akan bermanfaat bagi para siswa dan kelurusan pendidikan dengan jasa lain seperti kesehatan, kesejahteraan, polisi dan perbekalan sosial tidaklah mungkin tanpa koordinasi otoritas lokal.

Setelah mempertimbangkan desentralisasi dan sejumlah konsep terkait dan memprosesnya, akhir dua bagian dari bab ini memusatkan pada isu yang penting dampak berbagai cara kebijakan pengambilan keputusan dibagi-bagikan sepanjang seluruh sistem. Pada basis tujuan manapun struktur bidang pendidikan dan memungkinkan tingkatan paling tinggi terpelajar dan keseluruhan sekolah dan peningkatan perguruan tinggi, yang paling penting bahwa dampak dan hasil dibawa ke garis terdepan. Karenanya, berbagai hal memimpin dan memanage adalah suatu sistem didesentralisasi dan hubungan antara otonomi dan peningkatan  sekolah.

MEMANAGE SUATU  SISTEM DESENTRALISASI TERKEMUKA

Desentralisasi berdampak pada pekerjaan manajer dan pemimpin pada semua tingkat dalam suatu sistem bidang pendidikan. Seperti ditandai sebelumnya, rekan pendamping  otonomi pada umumnya ditingkatkan tanggung-jawanya. Walaupun  desentralisasi menyediakan sekolah utama dan para gubernur dengan otoritas pengambilan keputusan, dapat juga mengakibatkan mekanisme tanggung-jawab lebih rumit untuk tingkat yang lebih tinggi. Apalagi, mengeluarkan kebijakan yang berkenaan dengan struktur sistem berbeda dengan proses perubahan, kultur, suatu organisasi. Fullan ( 1993, p.49) menjelaskan ' untuk mengatur kembali bukanlah mengubah budaya dan struktur formal tidaklah sama halnya mengubah norma-norma, kebiasaan, ketrampilan dan kepercayaan'. Hanson ( 1998) juga menafsirkan tema ini:

Desentralisasi tidak datang  melalui hukum atau menandatangani keputusan. Seperti kebanyakan jenis perubahan, perubahan dibangun bukannya menciptakan. Itu terjadi pelan-pelan sebab kultur organisasi ( e.g. cara mereka selalu melakukan berbagai hal di sekitar ini) harus diubah, peran baru dipelajari, gaya kepemimpinan mengubah membalikkan pola komunikasi ( p.121).

Contoh Kasus 3 Malawi

Davies et al ( 2003) melaporkan riset desentralisasi pendidikan yang mana Pemerintah Malawi berniat sebagai untuk meningkatkan manajemen pendidikan melalui desentralisasi pada pengambilan keputusan bidang pendidikan ( p.142). Riset ini mempunyai kaitan dengan desentralisasi ke daerah, bahwa telah diperkenalkan setelah pemilihan demokratis pada 1994 pada otokratis. Pendidikan dipusatkan ke daerah tertentu, dimana Departemen Britania bertanggungjwab untuk Pengembangan Internasional telah merancang dan menerapkan suatu prakarsa mengarahkan di sekolah dan peningkatan managerial. Sumber daya ekstra telah disajikan kepada Kantor Daerah dengan maksud untuk memungkinkan perubahan yang diinginkan dalam ketetapan bidang pendidikan. Davies et al ( pp.1 43-144) menguraikan prakarsa secara menyeluruh,  penyelidikan secara alami diharapkan mampu melihat bagaimana pendidikan bisa usahakan, patut, berdasarkan kebutuhan dan memenuhi berkwalitas,  boleh jadi dikirimkan daerah tunggal yang beroperasi dalam suatu konteks tanggung jawab administrative  dalam kerangka desentralisasi.

Perubahan dipertimbangkan sebagai bagian dari prakarsa untuk  ketetapan spesialis mengorganisir kantor pendidikan daerah, pelatihan untuk staff  yang baru di dalam sistem dan peran baru, perluasan  kantor, ketetapan peralatan dan persediaan ekstra, akuntansi baru dan prosedur budgeter, pengenalan tentang suatu sistem informasi manajemen pendidikan komputerisasi, dan memperkuat daerah monitoring pada  sistem evaluasi. Bagaimanapun, Davies et al menunjuk perubahan yang tak bisa diacuhkan menyebabkan perubahan dalam budaya kerja. sebagai contoh dalam hubungan dengan penentuan sasaran, hak kekayaan dan tanggung-jawab. Oleh  karena itu, berpusat secara alami dalam  proses perubahan di dalam pada tataran  pendidikan.

 Penggunaan suatu teori dikandaskan, peneliti mengenali lima kondisi pokok dengan pemahaman saling mempengaruhi, hal ini diperlukan untuk memahami secara penuh dampak dari suatu intervensi dalam membantu desentralisasi. Yang termasuk wilayah ini adalah sebagai berikut:

1.      budaya kerja: sebagai contoh, praktek, gaji rendah dilampirkan oleh pinjaman dan biaya, hirarki dan berubah peran, pengembangan prakarsa individu.

2.      tanggung-jawab: sebagai contoh, diskripsi tugas, keikutsertaan lebih luas di dalam pengambilan keputusan.

3.      informasi: sebagai contoh, ketersediaan, ketelitian.

4.      sumber daya: sebagai contoh, tingkatan manusia yang sesuai dan sumber daya diperlukan untuk memungkinkan daerah dan kantor lokal berfungsi secara efektif seperti halnya kendali mereka.

5.       ketahanan: sebagai contoh, keperluan untuk menunjuk empat area di atas dalam rangka mendukung desentralisasi dan prakarsa.

Seperti banyak orang lain studi, Davies et riset al's mengkonfirmasikan pentingnya pemahaman konteks local dalam manajemen perubahan pendidikan. mereka menguraikan proses perubahan desentralisasi sangat kompleks,  tidak linier dan tak dapat diramalkan. Secara  intensif dihubungkan secara politis  ke kuasaan diantara kerangka budaya. Sebagai tambahan terhadap tanggung jawab strategis dan manajemen keuangan dan kepemimpinan, dan hubungan dengan, masyarakat lokal diakibatkan oleh otonomi sekolah, beberapa para penulis menafsirkan ketiadaan guru komitmen ke desentralisasi ( Gorostiagi Derqui, 2001; Nh, 2002). Van Zanten ( 2002, p.291) juga menaikkan dampak pada para guru dan kelompok lain. Dia membantah bahwa para guru akan kehilangan pengaruh, mereka berada di tingkatan nasional melalui tindakan perserikatan yang secara individu dan administrasi lebih diutamakan oleh kepala sekolah, atau orang tua pada tingkatan local. seperti situasi bisa menciptakan tegangan antara para manajer senior dan para guru, pada gilirannya, mempunyai implikasi terhadap  kepemimpinan dan manajemen sekolah dalam kaitan dengan fungsi kepegawaian.

 

 

PENINGKATAN SEKOLAH  OTONOMI

Dalam pembahasan ini otonomi dan peningkatan bidang pendidikan dibahas dengan singkat. Seperti dinyatakan sebelumnya, berasumsi bahwa tujuan utama tentang segala  organisasi bidang pendidikan  adalah untuk mencapai ' yang terbaik' hasil sosial dan bidang pendidikan mungkin untuk para siswanya, bahwa organisasi secara terus menerus mengejar peningkatan. Secara konsep dan proses akan  dibahas dalam bab ini dan semoga bermanfaat, ada kemungkinan bahwa mereka berperan untuk meningkatkan hasil bidang pendidikan.

Levai(2002,pp.198-202)mendiskusikan keterangan empires yang berhubungan dengan desentralisasi dan peningkatan sekolah dan sekolah otonomi. Dia perhatian bahwa sukar untuk menetapkan mata rantai menyebabkan sebab riset diberlakukan bagi sistem persekolahan berbeda dan menggunakan metoda berbeda Meskipun demikian, beberapa kesimpulan dikemukakan untuk mengevaluasi dampak desentralisasi dan sekolah otonomi yang diakibatkan adanya  relevansi dan berani, hal itu  relevan dengan  tujuan pokok tentang segala  sistem bidang pendidikan, pendidikan  harus menyediakan pelajaran dan pengajaran efektif. Perubahan perlu dilakukan untuk merancang system yang berperan untuk keseluruhan peningkatan. Seperti didiskusikan tadi, argumentasi bidang pendidikan desentralisasi adalah bahwa keputusan menyerang suatu tingkatan lokal, bersama dengan keterlibatan orang tua dan masyarakat lokal, lebih mungkin efektif dan menyempurnakan peningkatan dibanding mereka membuat  suatu departemen pemerintah birokratis.

 Penentuannya adalah berani sebab sedikit peneliti bekerja area ini mencoba menghubungkan penemuan mereka secara langsung terhadap dampaknya kepada  para murid dan pelajaran. Pada bab penutup dengan suatu ringkasan riset yang mencoba untuk menyelidiki koneksi hubungan antara otonomi sekolah dan peningkatan sekolah.

Dempster (2000) menguji efek dan dampak dari apa yang ia bagi manajemen berdasarkan keududukannya di sekolah, sekolah yang menggunakan kerangka yang dikembangkan oleh Peneliti Kanada, Sackney Dan Dibski ( 1994). Ia dimulai dari pernyataan school-based manajemen mengarahkan siswa agar ditingkatkan  hasil belajarnya, walaupun penemuannya tidak mendukung itu. Bagaimanapun, ia terus mengakui bahwa ada data bersifat menyiratkan aspek itu, manajemen school-based berhubungan dengan perencanaan dan bantuan komunikasi ' membentuk sebagian dari kondisi-kondisi yang secara tidak langsung mempengaruhi praktek .

Pekerjaannya di Australia dan Austria (dengan Logan dan Sachs) para guru yang menunjukkan bahwa perencanaan pembangunan sekolah itu ( yang diperlukan untuk self-managing sekolah) telah memberi  dampak lebih rendah pada aktivitas kelas,dan belajar siswa.

Ia juga mendukung Wylie'S ( 1996) bekerja Selandia Baru di mana belum selesai seperti pada manajemen school-based mempunyai dampak pada pelajaran siswa walaupun dia mengamati Dewan Sekolah itu, diharapkan untuk memusatkan pada belajar, menggunakan  kebanyakan dari waktu mereka pada keputusan yang berhubungan dengan dan keuangan.

Studi efektivitas sekolah di Australia dan Austria, sudah ditemukan perbedaan dalam pencapaian antara sekolah di bawah manajemen school-based. Blackmore et Al ( 1996) berkomentar atas perubahan pokok didalam pekerjaan guru menghalangi/merintangi pelajaran dan pengajaran baik jika para guru merasa nilai pekerjaan mereka tidak dikenali. Sekolah yang paling produktif tuju cenderung untuk menjadikan  mereka mempunyai motivasi dan komitmen di dalam Dewan Sekolah mereka dan dengan sumber daya tersedia untuk pendukungan prakarsa baru ( Gammage et Al, 1996); dan yang sudah menggunakan proses manajemen diserahkan dalam menerapkan sekolah berdasarkan manajemen ( Wildy, 1991).

Babyegeya (2000,p.6) menguraikan desentralisasi di Tanzania yang mana diarahkan pada pembuatan sistem masyarakat persekolahan yang lebih efektif. Ia menyoroti suatu proyek yang dirancang untuk membuat masyarakat sekolah lokal yang bertanggung jawab untuk pengembangan sekolah mereka. Walaupun niat proyek ini adalah bahwa masing-masing stakeholder, anggota masyarakat, para guru, dewan desa, otoritas daerah dan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, mempunyai tanggung-jawab tertentu, Babyegeya menyatakan  bahwa fokus pekerjaan akan  meningkatkan fasilitas sekolah, pendaftaran dan kehadiran.

Ia mengakui adanya fasilitas yang lemah dan kemerosotan adalah masalah utama di Tanzania walaupun membantah bahwa meningkatkan untuk membuat sekolah lebih efisien dan efektif. Ia mendukung Ruangan pesawat untuk pilot dan Verspoor(1991, p.1) sudut pandang bahwa tidak berarti untuk meningkatkan pendaftaran dan kehadiran tanpa mempertimbangkan struktur organisasi sekolah dan teaching-learning proses. Akhirnya, Caldwell(2000) memetakan apa yang ia membagi studi generasi ketiga dari mata rantai potensial antara manajemen lokal dan hasil belajar. ia menyimpulkan bahwa: selagi ada namun banyak tidak-pasti tentang sifat alami dan dampak sekolah ubah, adalah jelas bahwa rata-rata sudah dekat untuk menciptakan suatu sistem sekolah negeri yang akan menyediakan mutu pendidikan tinggi untuk semua siswa dan secara profesi bersifat penghargaan untuk para guru dan para profesional lain. Tantangan bagaimana cara memasang potongan.

RINGKASAN

Banyak  negara di seluruh dunia, bahwa proses desentralisasi bidang pendidikan telah akhi-akhir tahun. Ada banyak dan bermacam pertimbangan. Tentu saja, dalam beberapa situasi pemusatan ditingkatkan dalam beberapa aspek kebijakan bidang pendidikan. Lebih dari itu, sebagai konsep, desentralisasi tidaklah secara langsung ditafsirkan berbeda di dalam situasi berbeda. Desentralisasi berdampak pada para pemimpin dan para manajer pada semua tingkat di dalam sistem bidang pendidikan walaupun efeknya pada peningkatan sekolah masih tidak-pasti.


No comments: