29 April 2020

TAFSIR PENDIDIKAN SURAT AL QODAR



إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ ١  وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ ٢  لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ خَيۡرٞ مِّنۡ أَلۡفِ شَهۡرٖ ٣ تَنَزَّلُ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذۡنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمۡرٖ ٤  سَلَٰمٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطۡلَعِ ٱلۡفَجۡرِ ٥
1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan
2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan
5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar



 Dalam  kurikulum pendidikan Islam pasti dan harsu ada materi tentang Alquran, kapan turun, apa isis kandungannya, tafsirnya, sejarahnya dan lain sebagainya. Proses turunnya Alquran harsu dibahas tuntas, bagaimana cara penulisannya, siap yang menulis, dengan apa ditulis,  apa bahan yang digunkan untuk mencata Alquran, siapa saja penulisnya.
 Butuh waktu berapa tahun dan lain sebaginya. Kesemua itu harsu dibahas dalam kurikulum pendidikan Islam. Intinya semua yang terkait dengan Alquran harsu di bahas sampai tuntas dan mendetail.
 Materi  Alquran harus adalam dalam semua jenjang pendidikan dari tingkat TK sampai perguruan Tinggi. Mengenai kadar kedalaman pembahasan disesuaikan dengan jenjang pendidikan masing masing.
Dalam pembelajaran dan pendalaman Alquran perlu juga dibahas apa sih malam kemuliaan tersebut, sehingga mantinay hasil dari pembahasan tersebut dapat dinikmati dan diambil pelajaran.
Dalam pendidikan Islam perlu juga dibahas bagaimana proses turunnya malaikat di malam hari, untuk apa sedang apa dan bertujuan untuk pa harus dibahas  denga teliti berdasarkan hadis Nabi Muhammad Saw dan Alquran.
 Dalam pendidikan islam perlu juga ada materi tentang pembahasan apa itu malam penuh kesejahteraan smapai terbit fajar, meskipun hal tersebut juga akan dibahas dalam tafsir, akan tetapi dalam paparan ini adalah apa kaitannya dengan pendidikan. Kesemua ayat tersebut hendaknya dibahas dalam ttitik pandang pendidikan Islam. Sehiangga hasil dari diskusi tentang ayat ayat tersebut dapat bermanfaat dalam dunia pendidikan. Karen selama ini ayat ayat Alquran belum banyak yang ditafsirkan dalam tititk pandang pendidikan. Tentunya hal ini menjadi penting untuk terus dikaji, sehingga pada akhirnya kesemua ayat ayat Alquran dapat bermanfaat dalam dunia pendidikan tanpa terkecuali. Dalam pembahasan ini hanya sebagai  rintisan agar dapat dilanjutkan oleh generasi berikutnya, terutama yang  perhatian dengan pendidikan. Kalau tidak dimulai dari sekarang, maka kapan lagi kita sebagai umat islam dapat memetik hasil, makna Alquran dalam kaitannya dengan pendidikan Islam.

No comments: