13 October 2019

perintah untuk meneliti dan mengkaji

 belajar adalah bagian  ibadah kita kepada Allah SWT,. bahkan dalam ayat pertama yang turun adalah perintah untuk membaca, belajar bukan hanya waktu sekolah, kulaih, akan tetapi belajar yang hakikia adalh belajar sepanjang hayat kita. belajar dimanapun kita berada , baik melalui buku, majalah, koran, alam sekitar pengalamanseseorang semua menjadi sumber belajar.

 adalah al Quran dinyatakan bahwa alam sekitar adalah wahana untuk belajar, kita diperintah untuk memikirkan alam sekir kita.
Di antara ayat-ayat yang menyuruh untuk meneliti alam semesta ini adalah firman Allah SWT: “Katakanlah, ‘Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan Rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman.” (QS. 10: 101) “Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. 31: 29) “dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahaminya.” (QS. 16: 12)

No comments: