BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

12 October 2018

amal yang tiada putus

Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rosulullah Saw. bersabda: ”Apabila ‘anak Adam itu mati, maka terputuslah amalnya, kecuali (amal) dari tiga ini: sedekah yang berlaku terus menerus, pengetahuan yang d manfaatkan, dan anak sholeh yang mendoakan dia.” (HR Muslim)

manusia hidup di dunia ini terbatas waktu dan kesempatan, dengan terbatasanya waktu tentu perlu kita untuk selalu berbuat yang terbaik dan sebanyak yang kita bisa. satu diantaranya adalah dalam hal bermala, meski kita banyak kesempatan, akan tetapi kesempatan tersebut akan lebih produktif jika kita tahu apa asaja amal-amal yang dapat menyelamatkan kita di akherat nanti. satu diantara yang perlu kita kerjakan selama hidup di dunia adalah denga banyak beramal jariah, yaitu amal yang tersu mengalir pahalanya. darai hadis di atas dapat diambil pelajaran sebagai berikut:

  1. Shadaqah jariyah, yaitu sesuatu yang terus-menerus manfaatnya, seperti wakaf tanah, buku-buku, lembaga-lembaga pendidikan, dan lain-lain.
  2. llmu yang bermanfaat, seperti mengajarkan sesuatu kepada orang lain atau murid, mengarang buku, dan lain sebagainya.
  3. Anak sholeh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya, taat dan bermanfaat bagi orang tuanya, agama, nusa dan bangsa.

No comments:

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top