BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

12 October 2010

Pendidikan dalam Surat Annas

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (١)مَلِكِ النَّاسِ (٢)إِلَهِ النَّاسِ (٣)مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (٤)الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (٥)


1. say: I seek refuge with the Lord and Cherisher of mankind,
2. the king (or Ruler) of mankind,
3. the Allah (for judge) of mankind,-
4. from the mischief of the Whisperer (of Evil), who withdraws (after His whisper),-
5. (the same) who whispers into the hearts of mankind,-
6. among Jinns and among men.

1. Katakanlah: "Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.
2. raja manusia.
3. sembahan manusia.
4. dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,
5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
6. dari (golongan) jin dan manusia.
Kita disuruh Allah untuk menjadi manusia yang selalu terpaut dengan Allah di manapun dan kapanpun. Kita dianjurkan dan dierintah Allh untuk mencari pelrindungan hanya kepada Allah. Karen hanya Allah yang berhak dijadikan sebagai pelindung. Hal inimemberi arti bahwa pendidikan yang dilakukan oeh Allah kepada manusia adalah sebuah proses agar manusia menjadi Allah sebagai satusataunya pelindung. Karena hanya Allah yang berhak untuk dijakain sebagai pelindung.
Nilai pendidikan yang dapat kita ambil darai ayat ini dalah kita di suruh menguasai dan memelihara manusia dalam naungan allah, iai meberi kesanbbahwa jika kita penjadi penguasa yang perlu kita lakukan adalah mencari perlidungan kepada Allah agar dalam meimimpin dan menguasai manusia selalu diridhoi oleh Allah. Menguasai dalam arti mampu mengendalikan orang yang kita pimpin.
Kita dijarakan noleh Allah untuk menjadi pelindung bagi manusia, hal ini member kesan bahwa sikap dan karakter kita sebagai hamab Allah adalah ahmba yang peduli kepada manusia yang lain, peduli dalam arti selalu memberi rasa aman dan selalu memeliharahubungan baik dan mampu memeliharanya.

Yang kita jadikan sebagai tempat berlindung adalah Allah, Tuhan manusia dan raja segala raja manusia, yaitu Allah SWT. Kiat hendaknya menyadari bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan.
Kita didik oleh Allah untuk menyadari bahwa yang berhak dijadikan pelindung adalah Allah yang menguasai manusia, menguasai hari pembalasan dan sekaligus raja diraja manusia.
Kiat diajarkan oleh Allah untuk menyadari bahwa bisikan setan dan jin ada dimana-mana. Yang yang mampu mengatasai hal itu hanya Allah. Maka kita dianjurkan untuk selalu dekat kepada Allah dan memohon perlindungan kepada Allah.
Kiat didik oleh Allah bhawa setan, Jin dan manusia yang mempunyai hati seta nada di sekita kita, mka kita disuruh oleh Allah untuk selalu waspada selalumemohon perlindungan

No comments:

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top