BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

06 December 2008

Syarat-Syarat Tasauf

By: Riwayat Attubani
Dalam bertasauf ada sesuatu syarat yang harsu dipenuhi oleh orang yang akan terjun dalam dunia tasauf. Menurtu Abdul Halim Mahmud sayarat tasauf adalah at-ata’tsir(pengaruh rohani), atau yang lebih inti adalah al-barakah, adalah terlaksananya dengan perantaraan seorang syeikh( guru). Untuk itu ada hal-hal yang perlu dilakukan oleh orang yang akan melakukan tasauf yaitu:
1. ada persiapan naluri yang khusus dan tidak dibutuhkan dalam ijtihad atau usaha.
2. berhubungan dengan silsilah yang benar.
3. naluri seorang sufi yang baik diberkahi oleh syeikhnya dalam melakukan jihad terbesar, yaitu renungan rohani dalam dzikir, yaitu dengan merasakan kehadiran Allah dalam semua yang dikerjakan dan ditinggalkan.
Dari uraian tersebut terlihat bahwa dalam tasauf ada semacam usaha dan keinginan untuk selalu dekat dan diawasi Allah dalam keadaan apapun. Dari hal ini dapat dicermati bahwa ketika seseorang masuk dunia tasauf maka ia harsu selalu menjaga diri agar selalu berasama dan di awasi oleh Allah.

No comments:

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top