BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

18 October 2010

tafsir Pendidikan Surat Al kautsar1-3

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (١)فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (٢)إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الأبْتَرُ (٣)
1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
2. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.
3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu Dialah yang terputus.
Dalam surat ini Allah telah memberikan informasi bahwa nikmat telah kitaterima dengan jumlah yang besar. Nikmat apapun telah kita terima. Di antaranya adalah nikmat iman, kesehatan, kesempatan dan nimat ilmu. Dengan nikmat tersebut kita dapat melakukansesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Nikmat imu midalnya, dapat kita gunakan untuk mengajar dan mendidik orang lain. Sebagai pendidik kita mendapatkan berbagai nikmat, seperti nikmat menjadi pengajar dan pendidik, nikmat ilmu pengetahuan dan nikmat kesempatan.
Semua hal itu adalah bagian nikmat allah yang besar kepada kita , maka pantaslah kita besyukur kepada allah atas semua nikmat tersebut. Kita perlu menyadari bahwa nikmat tersebut adalah pemberian Allah kepada kita.
Di sisi laian, kiatjuga mendapatkan nikmta bertemu dan mengajar serta mendidik anak didik kita/siswa kita. Mengajarkan danmendidik anak didik ada;ah nikmat besar yang diberikan Allah kepada kita, dengan adanya anak didik, amak ilmu kita dapat kita kembangkan, dapat kita berikan kepada mereka.
Untuk mensyukuri nikmat-nikmat tersebut hal yang perlu kita lakukan adalah bersyukur, yang kita buktian dengan perkataan, perbuatan dan keyakian hati.
Salat adalah satu bentuk dari rasa syukur atas semua nikmat yang telah kita terima. Dengan salat kita akan menjaga nikmat-nikmat tersebut, dengan salat semua karunia Allah dapat kita jaga. Bukan itu saja selain, saat perilaku rasa syukur dapat kita lakukan berkorban. Dengan berkorban kita telah melakukan perbuatan yang menunjukkan sikap syukur kepada Allah.
Darai penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa nikmat yang banyak hendaknya disyukuri dengan salat dan kurban. Sebab jika nikmat yang banyak di dibarengi dengan sa;at dank urban , amka nikmat tersebut akan diputus oleh Allah. Dan pada akhirnya setiap pendidik dituntut untuk menanamkan rasa syukur kepada setiap siswa atas semua nikmat yang mereka terima. Sehingga peserta didik akanmenjadi anak-anak yang soleh

No comments:

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top