Pages

11 October 2008

Minangkabau dan Budaya rebut Tanah

By: Riwayat Attubani
Minangkabau News Info-. Minangkabau dikenal dengan tanah ulayatnya, ada puasa tinggi, ada pusaka rendah, pusaka tinggi adalah harta yang diturunkan secara temurunoelh nenekmoyang yang tidak dapat dijual. sedangkan harta rendah adalah harta pencarian antara suamidan istri. harta di Minangkabau menjadi begitu penting, terutama bagi peempuan sebab, semua harta akan diwariskan kepada garis keturunan perempuan, nah jika seseorang tidak mempunyai anak perempuan atau keturunan perempuan maka harta orang tua akan jatuh kepada kemenakan yang perempuan. maka dari itu perempuan mempunyai kedudukan pentng di minangkabau. tidakheran jika banyak orang iri, saudara laki-laki iri sebab tidak mendapatkan harta peninggalan orang tua mereka. anak laki-laki tidak mendapatkan harta dari orang tuannya alias tidak mendapatkan warisan, yang mendapat hanya anak perempuan. anak laki-lakia mendapatkan harat hanay jika ada belas kasihan dari saudara perempuan jika tidak maka saudara laki-laki banyak yang gigit jari.
di sisi lain, di Minangkabau ada semacam budaya rebut harta kekayaan, anatara saudara, ninik mamak, bahkan orang lain, atau keluarga jauhpun biasa merebutkan harat yang bukan miliknya , amak tidak heran jika di Minangkabau banyak terjadi saling rebut tanah, mereka rela mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan tanah orang lain, atau tanah milik saudaranya. masalah palsu-memalsu surat kepemilikan tanah di Minangkabaua adaah hal yang biasa. mereka rela bakuhantam hanya untuk mendapatkn tanah, mereka relapalsu-memalsu sertifikat tanah hanya untuk mendapatkan tanah saudaranya, atauapun orang lain.
maka jika anda ingin mmbrli tanah di zMinangkabau harus ekstra hati-hatai karena banyak surat tanah yang digandakan , sama-sama asli. jika kita tidak hati-hatai maka jangan menyesal jika di kemudian hari tanah yang anda beli akan dimasalahkan oleh orang lain. mereka datang dengan sertifikat seprti anda punya mereka menyatkan bahwa surat tanah mereka sli.dengan demikian anda akan tertimpa kesulitan, anda tidak dapat membangun di tanah yang anda beli, maka sekali lagi jika beli tanah di Minangkabau anda harus ekstra hati-hati.

No comments:

Popular Posts