BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

09 January 2014

Tafsir Pendidikan Surat Al-Qoriah ayat 1-11

الْقَارِعَةُ (١)مَا الْقَارِعَةُ (٢)وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ (٣)يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ (٤)وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ (٥)فَأَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ (٦)فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَاضِيَةٍ (٧)وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ (٨)فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ (٩)وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ (١٠)نَارٌ حَامِيَةٌ (١١)

Artinya: 1. hari kiamat, 2. Apakah hari kiamat itu? 3. tahukah kamu Apakah hari kiamat itu? 4. pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran, 5. dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan. 6. dan Adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, 7. Maka Dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. 8. dan Adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, 9. Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. 10. tahukah kamu Apakah neraka Hawiyah itu?11. (yaitu) api yang sangat panas.(QS. Al-Qoriah)


Dalam pendidikan Islam materi tentang kiamat dalah materi wajib. Materi yang harus ada dalam pendidikan Islam. Materi tentang kiamat adalah uasaha mendidik generasi Islam yang tangguh keimanan dan akidahnya. Maka tidaklah patut dan tidak dapat dikatakan sebagai pendidikan, Jika dalam kurikulumnya tidak ada materi yang membahas seluk beluk pendidikan Islam.  Dalam surat Al-Qorian ini, Allah dengan jelas menyatakan tentanag bagaimana situasi hari kiamat tersebut. Adanya materi tentang hari kiamat diharapkan peserta didik mampu memahami tentang hari kiamta dengan baik.
Menurut surat Al-Qoriah, susana hari kiamat digambarkan vbahwa manusia pada hari itu seperti anai-nai yang berterbangan, gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.
Dalam ayat berikutnya(6-7) dinyatakan, bahwa orang yang berat timbangan amal kebaikannya, ia akan berada dalam kehidupan yang memuaskan. Sebaliknya, orang ringan timbangan amal kebaikannya  adalah neraka hawiyah, yang apinya sangat panas.(QS.Al-Qoriah8-11).
 Dari pembahasan tersebut, terutama ayat 6-11, dapat dipahami selain, apa  yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ketika seseorang, anak didik berbuat baik, berbuat kebaikan di sekolah, dirumah, di lingkungannya, maka ia akan mendapatkan kehidupan yang baik, kehidupan yang layak, kehidupan yang menyenangkan. Anak didik yang rajin belajar, rajin membuat pekerjaan rumah yang diberikan gurunya, rajin membuat tugas, menghormati gurunya, menghormati sesamanya, maka ia akan hidup dengan gembira, tenang, aman, damai dan gembira. Yang pada akhirnya ia akan mendapatkan nilai yang sempurna.
Sebaliknya, siswa yang enggan belajar, malas belajar, tidak membuat tugasa, pekerjaan rumah yang diberikan guru, tidak berbgaul dengan baik dengan sesama temannya, tidak menghargai dan menghormati guru, maka ia akan hidup dalam kesedihan, hidup kesepian, hidup ksengsaraan, hiudp dalam kecaman, hidup dalam linangan air mata, dan pada akhirnya siswa yang seperti ini akan mendapatkan nilai yang jelek.
Untuk mengatasi hal ini, pendidik/guru hendaknya arif dan bijak  dalam menyikapi anak didiknya. Jika anak didiknya sudah dianggap mampu dan banayk prestasi, mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, mamapu menguasai materi yang diajarkan, atau bahkan telah menguasai materi yang diajarkan sebelum dibahas, maka pendidik hendaknya memberikan pengayaan.
Sedangkan bagi peserta didik yang masih lamabt dalambelajar, belum paham apa yang akan dipelajari, belum mampu menguasai materi pelajaran, maka perlu remedial, perlu pembelajaran lebih khusus, lebih dipertajam, dan perlu juga diperhitungkan, strategi dan metode yang tepat. Dengan adanya perhatian khusus, strategi dan metode yag tepat diharapkan peserta didik, yang dalam Qs. Al-Qoriah ayat ayat 8-9 ringan amal kebaikannya, dapat memperbaiki diri dan pada akhirnya terhindar dari neraka dunia pendidikan.

No comments:

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top