BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

29 September 2011

tafsir surat annas 1-6



1. Katakanlah: "Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.
2. raja manusia.
3. sembahan manusia.
4. dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,
5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
6. dari (golongan) jin dan manusia.

 Peserta didik hendaknya diarahkan dan dibiasakan untuk berlindung kepada Allah setiap akan melakukan sesuatu. Hal ini perlu dilakukan karena setipa langkah kita akan selalu diberkahi dan dilindungi oleh Allah ketika seorang hamba selalu meminta dilindungi oleh Allah.  Karena itu pendidik hendakny asejak dini telah membiasakan kepada peserat didik untuk selalu membiasakan membaca taawuz dalam setiap aktifitas.

 Kesadaran akan kebutuhan untuk selalu berlindung kepada Allah  perlu ditumbuhkembangkan dalam diri peserta didik. Di sisi lain, peserat didik juga disadarkan bahwa hanya Allah yang menguasasi dan memelihara manusia, maka yang layak untuk dimintai pemeliharaan dan  perlindungan hanyalah Allah semata. Hal ini juga menyiratkan bahwa hanya Allahlah tempat berlindung, sedangkan berlindung kepada manusia adalah sesuatu yang lemah, maka tak wajar kalau peserta didik diajar selalu berlindung kepada penguasa maupun kepada manusia.
 Pendidik hendaknya selalu mengajarkan kepapada siswanya bahwa hanya Allah yang berhak menguasai manusia, sedangkan manusia tidak mempunyai kekuasaan untuk menguasaia pribadi seseorang, akan tetapi manusia hanya diberi sedikit kekuasaan untuk mengatur manusia , akan tetapi bukan menguasai dirinya. Hal ini penting dibreikan dan dipahamkan kepada  peserta didik akan menjadi pribadi yang merdeka.
 Pendidik hendaknya mengajak dan memberi pemahaman kepada peserta didik, bahwa yang menguasai atau raja manusia adalah allah, maka yang patut kita takuiti dan segani hanyalah Allah semata, sedangkan raja manusia, presiden dan penguasai di bumi tidak sepatutnya disejajarkan dengan kedudukan Allah sebagai raja semua manusia.
Pendidik hendaknya memberi pemahaman yang baik dan  benar tentang penyembahan, penyembahan yang patut yang semestinya hanya untuk Allah SWT, bukan untuk yang lain. Kesadran dan pemahaman yang baik akan penyembahan yang hakiki dan benar akan mengantarkan peserta didik ke jalan yang benar dan jalann yang diridhoi oleh Allah SWT.
 Pendidik hendaknya memberikan  pemahaman yang  baik tehntang musuh abadi manusi yaitu setan yang selalu menggoda manusia dimanapun berada. Untuik itu pendidik henfdanya meberi bekal yang cukujp dan pemahaman yang benar tentang keberadaan setan dan cara mengggoda manusia. Sebab setan selalu menggoda manusia dengan berbagai rtipu daya sehingga manusi terjebak kepada perbuatan yang melanggar aturan Allah. Hal ini perlu ditekankan kepada p[eserat didik, bahwa setan tidak akan pernah puas untuk menggoda manusia.
 Setan selalu berusaha menggoda mmebisikkan kejahatan kepada manusia, membisikkan kejahatan ke dalam dadav manusia, maka pendidik hendaknya member bekal yang cukup kepada peserta didik untuk terus mengsisi dada peserta didik dengan keimanan yang kuat dan mantap.
 Peserta didik hendaknya diberi pemahaman bahwa setan itu berasal darai kalangan jin dan manusia, aka perlu kiranya peserta didik dianjurkan dan dipahamkan kana bnahaya yang mungkin  saja berasal darai kalangan manusia dan jin sehingga dirinya terhindar dari gangguan jin dan setan yang berasal dari manusia.

No comments:

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top