BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

15 November 2010

Tafsir Pendidikan Surat Al Maun ayat 1-7

أرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ (١)فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ (٢)وَلا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ (٣)فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ (٤)الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلاتِهِمْ سَاهُونَ (٥)الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ (٦)وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ (٧)
1. tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?
2. Itulah orang yang menghardik anak yatim,
3. dan tidak menganjurkan memberi Makan orang miskin.
4. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,
5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,
6. orang-orang yang berbuat riya
7. dan enggan (menolong dengan) barang berguna
Dalam pembelajaran akan dijumpai siswa yang mempunyai karakter pendusta. Ada siswa kita yang mempunyai sifat pendusta. Sebagai guru yang sadar dan dan tahu , maka perlu melakukan persiapan dan langkah efektif untuk menghadapi anak-anak seperti ini. Guru yang baik akan segera dan selalu siap dengan ilmu yang paling tidak mendeteksi karakter siswa yang suka berdusta.
Kadang kala siswa tersebut anti terhadap anak yatim, tidak berbuat baik terhadap anak yatim, selalu berusaha menjauhi anak yatim yang ada di kelasnya. Jik ahal ikni terjadi , maka dengan mudah pendidik akan segera mendeteksi anak didik yang mempuyai karakter pendusta tersebut.
anak didik yang mempunyai sifat pendusta biasanya akan selalu mencari alasan sebanyak mungkin untuk menyembunyikan sifat pendustanya. Selain menghardik anak yatim, dalam arti membentak, menganiaya, memebnci, mengejek ia juga enggan bergaul dengan anak yatim yang ada di kelasnya.
Siswa pendusta dapat juga diketahui dari sikapnya yang malas-malas dalam ibadah salat. Ia salaat, akan tetapai lalai dalam pelaksanaannya. Jia hal ini ada dalam diri peserta didik, maka dapat dipahami bahwa siswa tersebut masuk dalam katagori anak yang pendusta agama.
Siswa pendusta bniasanya juga mempunyai karakter yang engganbergaul dengan siswa-siswa yang miskin, ia cenderung menjauh dari anak didik yang berasal dari keluarga miskin. Siswa pendusta biasanya juga selalu mempersulit dan membaut ruang gerak siswa miskin sempit dengan tujuan untuk makin menyudutkan anak-anak misikin tersebut.
Dalam segala hal siswa yang pendusta biasanya selalu ingin dipuji, perbuatanya mengandung motif riya, sifat yang ingin selalu dipuji.
Dalam hal ,menolong pun ia selalu memilih-milih seustau yang tidak bermanfaat bagi orang lain, dalam arti pertolongan yang diberikan tidak memberi dalam manfaat bagi orang lain. Dalam arti ia engggan menolong orang lain dengan barang-barang yang dapat dimanfaat dan bermanfaat bagi orang lain.

1 comment:

Unknown said...

thank you for information

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top