BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

16 October 2010

Tafsir Pendidikan Surat An-Nashr 1-3

إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ (١)وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا (٢)فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا (٣)

1. apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

2. dan kamu Lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,

3. Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.

Dari ayat tersebut dapat dipahami tatkala allah telah menolong seorang guru dalam pembelajaran, ketika para murid telah hanyaut dalam pembelajaran, telah terpikat oleh sosok guru dalam proses pembelajaran, maka sang guru jangan lupa kepada Allah. Guru hendaknya menyadari bahwa adanya murid yang antuias dalam mengikuti pembelajaran addalah kehendak Allah. Guru hanya berusaha, pendidik hanya berusaha berbuat yang maksimal dalam menyiapkan pembelajaran.

Dalam posisi puncak konsentrasi pendidikan diharapkan tidak terlena dan lupa diri. Karena hal itu akan mengacaukan,akan member pengaruh negtaif terhadap psikologis peserta didik.

Maka yang hendaknya dilakukan oleh seorang pendidik adalah selalu menjaga kondisi dan situasi tersebut tetap kondusif, sehingga pembelajaran berlangsung aman dan tertib, dan pada akhirnya akan mencapai tujuan pembelajaran. Di samping tetap menjaga kondisi siswa agar tetap focus, pendidikan hendakan membanrenginya dengan sikap, perbuatan dan perkataan dan menunjukkan rasa syukur kepada Allah. Hal inilah yang hendaknya dilakukan oleh pendidik.

No comments:

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top