BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

12 October 2010

tafsir pendidikan surat al-Ikhlas 1-4

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (١)اللَّهُ الصَّمَدُ (٢)لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (٣)وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (٤)

1. Katakanlah: "Dia-lah Allah, yang Maha Esa.

2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.

3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,

4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."

Dalam ayat ini Allah mengajarkan kepada kita bahwa Allah adalah satu.

Allah adalah tunggal tidak Tuhan selain allah. Maka dalam pendidikan yang perlu ditanamkan adalah rasa tauhid yang benara. Rasa bertuhan yang benar dan mengetahui siapa yang pantans dan berhak untuk disembah.

Dalam segala hal kita dituntut oleh Allah untuk selalu bergantung hanya kepada Allah, bukan bergantung kepada orang lain. Pelajaran yang dapat dipetik dari ayat kedua dari suarat al-Ikhlas adalah sebuah pelajaran tentang tauhid, tentang kehebatan Allah sebagai sumber rujukan, sumber tempat bergantung semua makhluk.

Yang perlu disadari adalah bahwa Allah tidak mempunyai anak dan istri, tidak mempunyai keturunan. Maka dalam dunia pendidikan, menanamkan akidah kepada anak didik hendaknay didasari oleh pengetahuan yang baik dan mendalam.

Pada ayat keempat Allah member informasi bahwa di dunia ini dan di alam araya ini tidak ada yang setara dengan Allah. Tidak satupun makhluk ciptaannya sama dengan Allah. Hal mrmbuktikan Al-Quran benar-benar berisi berbagai hal yang dibutuhkan manusia.

No comments:

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top