BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

12 October 2010

tafsir Pendidikan Surat al-falaq 1-5

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (١)مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (٢)وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (٣)وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (٤)وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (٥)

1. Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh,

2. dari kejahatan makhluk-Nya,

3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

4. dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul

5. dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki."

Sebagai manusia yang percaya kepada Tuhan, maka selayaknya menyadari bahaw dalam setipa kegiatan hendaknya di mulai dengan berlindung kepada allah. Memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah. Dengan berlindung kepada Allah, maka kita akan terhindar dari godaan setan dan gangguan setan, jin dan manusia yang jahat. Dalam ayat mendidik manusia agar selalu waspada. Karena tidak semua makhluk Allah baik, ada saja yang menjadi musuh bagi manusia.

Musuh manusia adalah kegelapan, baik kegelapan akhlak, kegelapan ilmu, kegelapan semau hal yang mungkin dapat menyesatkan manusia dari jalan Allah. Untuk itu manusia perlu mneydarai bahaw di dunia ini banyak jebakan dan kepungan yang di buat oleh setan dan bala tentaranya. Yang kesemua itu bertujuan agar manusia terjebak dalam perangkap mereka dan melupakan Allah.

Surat Al-falaq merupakan rambu-rambu yang sengaja dibuat allah untuk manusia. Yang bertujuan agar manuysiatidak sesat dan disesatkan oleh setan yang sengaja berusaha menjerumuskan manusia dalam kesesatan.

No comments:

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top