BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

09 September 2008

Suami adalah Pemimpin Isteri

Oleh: Riwayat Attubani
Laki-laki adalah pemimpin bagi wanita-wanita(QS. An-Nisa:34) setiap rumah membutuhkan pemimpin, yang ada di dalamnya untuk mengatur, mengendalikan dan melindungi apa yang ada di dalamnya. memelihara da menjaga mereka dari bahaya dan berbagai ancaman dari luar maupun dari dalam sendiri. pemimpin yang ucapan dan perbuatannya menjadi contoh bagi penghuni rumah tersebut. taat kepad perintahnya yang menuju ketaatan kepada Allah. tetapi jika perintahnya melanggar perintah Allah maka perintah tersebut tidak perlu ditaati, tetai dengan tetap mengedepankan penolakan yang santun dan dalam koridor nialaip nilai keagamaan.
laki-laki atau suami mempunyai tanggung jawab memberi nafkah, makan dan papan kepada anak dan istrinya. jabatan sebagai pepimpindalam keluarga merupakan mandat Allah yang diberikan kepada laki-laki.
Normal 0 false false false MicrosoftInternetExplorer4 kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. sebab itu Maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya Maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. kemudian jika mereka mentaatimu, Maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.(QS. An-Nisa:34)
dari ayat tersebut jelaslah bahwa laki laki adalah pemimpin bagi istri. hal ini dapat disebabkan oleh pertama karena perintah dan aturan Allah. kedua, keutamaan yang diberikan Allah kepada kamu lelaki. ketiga, lelaki menjadi pemimpin istri karena suamilah yang bertanggungjawab kepada istrinya. maka dari itumakin jelaslah bahwa dalam ayat tersebut kedudukan laki-laki (suami) dalam keluarga mempunyai pean penting.
fenomena di TV indonesia ada tayangan yang sangat tidak mendidik, yaitu" suami-sumai takut istri". tayangan ini sangat tidak mendidik. apalagi bagi mereka yang dangkal dan kurang pengetahuan agamanya. untuk itu perlu kiranya para orang tua menyadari hal tersebut dan terus menambah ilmunya agar anaknya tidak ikut terjebak pada tayangan tersebut, yang pada akhirnya akan merusak masa depan anak tersebut,merusak pemahaman mereka bahwa akalu istri melawan suami itu hal yang wajar dan dibolehkan dalam ajaran Islam.

No comments:

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top