BLOG RIWAYAT ATTUBANI(RIWATT) tentang Pendidikan, Tafsir, Artikel, Puisi, Motivasi, AlQuran dan Hadis

18 September 2008

Ramadhan bukan Karnaval

Oleh : Riwayat Attubani
karnaval puasa ramadhan setiap tahun dilaksanakan oleh umat Islam. karnaval ini melibatkan banyak orang dari yang sudah alim sampai yang maling semua tobat, semua ikut karnaval puasa jadi karnaval, puasa hanya untuk meraih keuntungan dunia. puasa ramadhan hanya untuk bisnis dunia. sedangkan untuk akherat sangat sedikit jika dibanding dengan dunia. mulai bisnis cendol, samapi bisni sambal. tidak ketinggalana para artis dan pengiat sinetron, pebisnis Tv semua ikut nimbrung untuk meramaikan karnaval ramadhan. ramadhan dijadikan ajang bisnis, ramadhan hanya untuk mencari keuntungan sementara.
kalau dicermati sebelum ramadhan banyak perilaku yang tidak menunjukkan perilaku Islami, tetapi dengan datangnya ramadhan, semau berlomba untuk leboih Islami, penyair mulai pakai jilbab pada waktu membaca berita, artis berlomba pakai busana Islami, sedangkan kalau tidak bulan ramadhan mereka telanjang alisa gak pakai busana islami, mereka pakai busana you can see.
penampilan mereka akan beda ketika ramadhan mereka akan mati-matian berlomba untuk lebih islami dario orang Islam yang taat sepanjang waktu sepanang umur.
ya bulan ramadhan masih terskesan sebagai karnaval, karnaval budaya, tanpa ruh religi, tanpa semangat keislaman yang tunduk kepada aturan Allah, tunduk sepanjang waktu, sepanang kehidupannya.tunduk hanya hiasan semu menelang perayaan ramadhan setelah itu karnaval ramadahan mereka telah habis. itulah karnaval ramadhan, padahal ramadhan bukan karnaval, ramadhan bukan hura-hura. ramadhan bukan untuk karnaval, tetapi bulan untuk merendahkan diri, bulan menyatakan tunduk patuh pada ilahi rabbi.

No comments:

Featured Post

Azyumardi Azra Dibawa ke Rumah Sakit di Malaysia karena Sesak Napas "

  Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Mala...

Popular Posts

Followers

Back To Top